Kamis, 09/05/2024 - 01:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Dinkes DKI Jakarta Sediakan Layanan Psikolog dan Psikiatri untuk Caleg Gagal

ADVERTISEMENTS

 JAKARTA — Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta melakukan antisipasi adanya calon anggota legislatif (caleg) atau peserta pemilu lainnya yang stres akibat gagal terpilih pada pemilihan umum (pemilu) 2024. Salah satu antisipasi yang dilakukan adalah menyediakan layanan psikolog untuk para caleg tidak terpilih.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Ani Ruspitawati mengatakan, pihaknya telah memiliki fasilitas dan layanan kesehatan jiwa di berbagai fasilitas kesehatan. Seluruh pasien yang mengalami stres atau gangguan kesehatan mental akan mendapatkan diarahkan ke RSUD Duren Sawit sebagai pusat rujukan utama untuk menangani berbagai kondisi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Proses ini dimulai dengan skrining dan tindak lanjut awal di 44 puskesmas di setiap kecamatan dan dapat dirujuk ke RSUD yang mempunyai layanan psikiatri, apabila perlu dilakukan tindak lanjut oleh dokter spesialis kesehatan jiwa,” kata Ani di Jakarta, Selasa (6/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Buaya Berukuran Hampir 4 Meter Berhasil Ditangkap di Rote Ndao
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dia menjelaskan, jajarannya juga telah mengantisipasi kemungkinan peserta pemilu, caleg, atau tim sukses yang stres hingga gangguan jiwa atau gangguan kesehatan mental, karena gagal memenangkan pemilu 2024. Salah satu antisipasi yang dilakukan adalah menyediakan pendampingan psikolog.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Ani mengatakan, saat ini, ada psikolog yang tersebar di 25 puskesmas se-DKI Jakarta. Layanan psikolog itu terdapat di Puskesmas Cempaka Putih, Gambir, Johar Baru, Kemayoran, Menteng, Sawah Besar, Senen, Tanah Abang, Cilincing, Palmerah, Tamansari, dan Kembangan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Selain itu, layanan psikolog juga tersedia di Puskesmas Pancoran, Tebet, Setiabudi, Mampang Prapatan, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Cilandak, Pasar Rebo, Ciracas, Cipayung, Puskesmas Kramatjati, Duren Sawit, dan Matraman.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Momen Hari Kartini, Bawaslu RI Sebut akan Perkuat SDM Perempuan

Selain psikolog, Dinkes DKI juga telah memiliki layanan psikiatri di RSUD Tarakan, RSUD Koja, RSUD Cilincing, RSUD Cengkareng, ⁠RSUD Kembangan, RSUD Taman Sari RSUD Pasar Minggu, ⁠RSUD Tebet, RSUD Pesanggrahan, RSUD Jagakarsa, RSKD Duren Sawit, ⁠RSUD Budhi Asih, dan ⁠RSUD Pasar Rebo.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Ani mengatakan, secara umum, stres dan tekanan psikologis sering terjadi pada peserta pemilu yang gagal. Namun, pada pemilu 2019, pihaknya belum pernah mengumpulkan data terkait kejadian tersebut.

“Di pemilu 2024 ini, dengan adanya fasilitas dan layanan kesehatan jiwa yang semakin baik, kami akan mendata peserta pemilu yang gagal dan berobat ke fasilitas kesehatan kami di Provinsi DKI Jakarta,” kata Ani.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi