Selasa, 28/05/2024 - 16:38 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Masih Yakin Lolos Parlemen, PSI Kini Persoalkan Surat Suara tidak Sah

JAKARTA — Partai Solidaritas Indonesia (PSI) masih yakin bakal lolos ke DPR RI, meski hasil hitung cepat atau quick count hampir semua lembaga survei menunjukkan raihan suara partai pimpinan putra Presiden Jokowi itu hanya sekitar 2,9 persen. Adapun ambang batas parlemen atau parliamentary threshold adalah empat persen.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Kami masih optimistis PSI akan lolos ke Senayan (karena bisa) memenuhi kebutuhan suara masuk 4 persen. Sebab, survei internal yang kami lakukan jelang pemilu menunjukkan suara PSI sudah 4 persen lebih,” kata Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie saat konferensi pers di Kantor PSI, Jakarta Pusat, Jumat (16/2/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Grace masih optimistis juga karena proses penghitungan suara resmi yang dilakukan KPU masih berlangsung. Selain itu, pihaknya menemukan kejanggalan, yakni tingginya jumlah surat suara tidak sah pada Pemilu 2024. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

PSI mengeklaim menemukan 10 persen surat suara tidak sah di setiap tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Indonesia. Jumlah surat suara tidak sah itu, kata Grace, melonjak dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya yang hanya 3–4 persen.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
'Bertemu di WWF, Puan Tahu Jokowi Hendak Menghancurkan PDIP'

 

“Ada yang mungkin bingung atau melakukan kesalahan lain yang menyebabkan surat suara tidak sah. Tapi, jika sampai 10 persen, ini agaknya layak diinvestigasi lebih lanjut penyebabnya,” kata Grace.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Anggota Dewan Penasihat sekaligus juru bicara PSI, Irma Hutabarat mengatakan, 10 persen surat suara tidak sah itu memang bukan semuanya adalah surat suara pemilih PSI. Kemungkinan ada surat suara pemilih partai lainnya juga.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Bukan hanya suara PSI saja yang mungkin tidak sah atau rusak atau mengalami pengurangan, berarti kan ada yang terbuang…. Jadi, ini masalah serius yang harus ditanggapi oleh semua partai,” ujarnya dalam kesempatan sama.

ADVERTISEMENTS

Sementara itu, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyatakan, kepastian partainya melaju ke Senayan akan diketahui setelah KPU selesai melakukan penghitungan suara secara manual berjenjang. Karena itu, dia meminta seluruh kader PSI untuk mengawal proses rekapitulasi suara yang dilakukan KPU.

ADVERTISEMENTS

“Saya instruksikan kepada teman-teman semua untuk mengawal proses suara karena rekapitulasi suara yang dilakukan KPU belum rampung,” kata putra bungsu Presiden Jokowi itu.

Berita Lainnya:
Aktivitas Vulkanik Gunung Ruang Kembali Meningkat, Statusnya Naik Lagi Menjadi Awas

Hasil penghitungan riil atau real count KPU terhadap data masuk dari 46,45 persen TPS menunjukkan bahwa PSI baru meraih 2,61 persen suara dalam Pileg DPR RI. Data tersebut dipublikasikan lewat laman web http://pemilu2024.kpu.go.id/.

Adapun hasil quick count lembaga survei Charta Politika (data masuk 92,3 persen), Indikator Politik Indonesia (data masuk 97,8 persen), dan Populi Center (data masuk 99,88 persen) menunjukkan bahwa raihan suara PSI tak mencapai 3 persen. Ketiga lembaga itu secara berurutan mencatat raihan suara partai yang mengusung Jokowisme itu adalah 2,95 persen, 2,81 persen, dan 2,62 persen.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi