Rabu, 01/05/2024 - 07:54 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Pj Gubernur Sebut Stok Beras di Sumut Cukup Jelang Ramadhan 1445 H

ADVERTISEMENTS

 MEDAN — Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin memastikan ketersediaan beras di wilayahnya mencukupi menjelang hingga selama Ramadhan 1445 Hijriah.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Sumut secara data kita tercukupi dan surplus ketersediaan pangan, sehingga waktu tanam kita tepat waktu. Stok beras kita cukup, termasuk di saat bulan Ramadhan,” ujar Hassanudin, di Medan, Selasa.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Hassanudin mengatakan Pemprov Sumut selalu melakukan berbagai upaya untuk memastikan bahan pangan di wilayahnya tersedia sehingga tidak adanya terjadi kendala bagi masyarakat.

 

“Kami melakukan berbagai intervensi demi menjaga ketersediaan pangan sehingga kestabilitas harga terjamin di tengah masyarakat,” kata dia.

 

Saat ini, dikatakanya, harga beras di sejumlah daerah mengalami kenaikan. Hal tersebut, menurutnya, harus secepatnya dikendalikan agar harganya kembali stabil.

Berita Lainnya:
Dewas KPK Disebut Keliru Tafsirkan Aturan Kedaluwarsa Laporan

 

“Kita tahu saat ini secara nasional di semua tempat terjadi kenaikan harga. Untuk itu, ini perlu dikendalikan untuk menstabilkannya,” sebutnya.

 

Oleh karena itu, Hassanudin meminta seluruh kabupaten/kota untuk menggencarkan pasar murah sehingga apa yang dikeluhkan masyarakat dapat diatasi.

 

“Program pasar murah terus digalakkan untuk mengendalikan harga komoditas khususnya beras yang dalam beberapa pekan terakhir mengalami kenaikan di seluruh kabupaten/kota,” ujarnya.

 

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumatera Utara Muhammad Juwaini menjelaskan Provinsi Sumatera Utara memperkirakan ada  47.752 sampai 91.955 hektare lahan yang panen padi pada setiap bulannya.

Berita Lainnya:
Pembakar Al Quran Salwan Momika Ternyata Masih Hidup, Ditangkap di Norwegia

 

“Pada tahun 2024, Pemprov Sumut menargetkan produksi beras mencapai 2.648.660 ton, gabah kering giling (GKG) 4.158.022 ton dan 790.839 hektare luas panen,” kata dia.

 

Dengan kebutuhan beras di Sumut pada 2024 diprediksi 2.127.141 ton beras, maka akan ada surplus 521.519 ton beras.

 

Untuk luas tanam padi pada tahun 2024, Pemprov Sumut menginginkan total penanaman padi di 807.086 hektare sawah dengan luas panen 790.839 hektare.

 

Target tersebut lebih tinggi daripada realisasi produksi beras Sumut pada tahun 2023 yakni 2.539.378 ton, dengan surplus 451.556 ton. Adapun pada 2023, Sumut dapat menghasilkan 3.986.465 ton GKG.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi