Rabu, 01/05/2024 - 05:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Keluarga Jokowi Berkibar

ADVERTISEMENTS

Penulis: Djono W Oesman**

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

SATU demi satu, anak-menantu Presiden Jokowi jadi politisi dan kepala daerah. Terbaru, Erina Gudono, isteri Ketum PSI Kaesang Pangarep diisukan bakal calon Bupati Sleman, DIY. Fenomena baru di perpolitikan Indonesia. Menarik perhatian para politisi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Keluarga Presiden RI Jokowi berisi lima orang. Joko Widodo, Ibu Negara Iriana, Gibran Rakabuming Raka (calon Wakil Presiden RI), Kahiyang Ayu (yang suaminya, Bobby Nasution Wali Kota Medan), dan Kaesang Pangarep (Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kalau nanti Erina Gudono benar-benar jadi Bupati Sleman, maka ada lima orang keluarga besar Jokowi jadi politisi dan pemimpin. Tapi, saat Pilkada digelar 27 November 2024, Jokowi sudah sebulan sebelumnya mengakhiri masa jabatan kedua Presiden RI. Sehingga jadi empat orang keluarga besar Jokowi jadi pemimpin.

ADVERTISEMENTS

Isu Erina bakal Cabup Sleman sangat gencar. Erina bakal diusung Partai Gerindra, pimpinan Prabowo Subianto yang bakal jadi Presiden RI. Isu ini juga ditanggapi pihak Partai Gerindra.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Wakil Ketua Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan DPD Partai Gerindra DIY, Widi Handoko kepada wartawan, Selasa, 12 Maret 2024 menjelaskan, kemunculan nama Erina Gudono berawal dari aspirasi masyarakat.

Widi: “Berawal dari aspirasi masyarakat, yang kemudian diakomodir oleh DPC Partai Gerindra Sleman.”

Berita Lainnya:
Jokowi dan Gibran Dipastikan Jabat Posisi Strategis Jika Masuk Golkar

Walau masih isu, tapi sudah diakomodir pihak Partai Gerindra. Juga, Erina selama ini bukan kader Partai Gerindra.

Widi: “Ini sebatas wacana. Belum ada pernyataan resmi dari beliau (Erina Gudono) dan pihak Gerindra sendiri juga belum pernah melakukan pendekatan secara personal untuk menemui beliau.”

Bakal calon bupati Sleman dari Gerindra sudah ada empat. Lisman Pujakesuma, HR. Sukaptono, Anton Prabu Semendawai, dan Danang Wicaksana Sulistya.

Widi: “Tidak menutup kemungkinan DPC Partai Gerindra Sleman membuka peluang bagi kandidat dari pihak eksternal, seperti nama Erina Gudono yang diusulkan oleh masyarakat.”

Ditanya wartawan tentang kepastian Erina dicalonkan Gerindra, Widi menjawab: “Kita menunggu konfirmasi saja dari beliau (Erina Gudono).”

Berdasar kejadian selama ini, isu itu bakal jadi kenyataan. Contoh kejadiannya, saat Wali Kota Solo, Gibran maju sebagai Cawapres mendampingi Prabowo. Juga saat Kaesang jadi Ketum PSI.

Semua bermula dari isu. Dari isu menghasilkan dukungan masyarakat. Setelah dukungan masyarakat dinilai antusias, barulah si calon benar-benar maju ke pemilihan. Terbukti, Gibran bakal menang Pilpres.

Itu semua terjadi, sebab mayoritas masyarakat Indonesia mengagumi kinerja Presiden Jokowi. Berdasar hasil survei, tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi 81 persen. Tertinggi dari semua presiden Indonesia.

Jadi, apakah ada yang salah jika keluarga besar Jokowi terjun Politik dan menang pemilihan? Jawabnya, tidak. Keluarga besar Jokowi kan cuma berikhtiar. Sama halnya ribuan peserta Pemilu 2024 berikhtiar. Jadi peserta Pemilu. Penentunya adalah rakyat.

Berita Lainnya:
Dua Menteri Jokowi Ternyata yang Usul PIK dan BSD Masuk PSN

Karena rakyat suka pada Presiden Jokowi, maka seluruh keluarga Jokowi bakal didukung rakyat jika ikut Pemilu atau Pilkada. Begitu logikanya.

Seumpama, Jan Ethes, cucu Jokowi, kini sudah dewasa dan maju ke Pemilihan Wali Kota Solo, mungkin bisa menang. Soal curang atau tidak, kan harus dibuktikan oleh penggugat. Lalu jadi gugatan Pilkada.

Tapi, tidak begitu buat lawan politik Jokowi. Setidaknya, buat orang yang terkejut dengan fenomena Keluarga Besar Jokowi. Terbaru, disampaikan Pengamat Politik Ikrar Nusa Bhakti di acara bertajuk ‘Omon-omon Soal Oposisi’, Minggu, 10 Maret 2024.

Dilihat dari judul acara, kelihatan tidak formal. Tapi pernyataan Ikrar sangat serius. Begini:

“Masak, kita pemilik negeri ini, pemilik kedaulatan rakyat, bukan anak kos dari negeri ini, masak dikalahkan oleh satu keluarga yang jumlahnya 5 orang itu? (maksudnya, keluarga Jokowi). Jadi ini yang berkali-kali saya katakan, sampai seperti kaset rusak gitu kan.”

Ucapan Ikrar bersifat dikotomi. Antara rakyat pemilik negeri ini, dengan keluarga Jokowi. Pemilahan keliru. Seolah keluarga Jokowi bukan anggota dari rakyat pemilik negeri ini. Kecuali, dikotomi antara rakyat pemilik negeri ini dengan (misalnya) Kim Jong Un.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi