Minggu, 05/05/2024 - 04:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Ahli: Dukungan Keluarga Penting Bantu Anak Jalani Pengobatan Ginjal

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Perawat dari Rumah Sakit Anak Bunda Harapan Kita Sri Ginarsih, mengatakan, orang tua memiliki peran yang besar agar anak yang mengidap gagal ginjal dapat menerima kenyataan bahwa mereka membutuhkan pengobatan. Menurut Sri, orang tua yang anaknya mengidap gagal ginjal adalah orang tua yang kuat dan terpilih, oleh karena itu mereka memiliki kemampuan emosional yang hebat untuk membantu anak mereka menjalani terapi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Dia menjelaskan, untuk memberi pengertian pada anak yang memiliki kondisi itu, perlu pendekatan yang pelan-pelan. “Memang yang udah pasti itu kita akan masuknya pelan-pelan. Masuknya pelan-pelan, kecuali untuk anak yang di bawah sembilan tahunan, dia tidak bisa mengetahui kalau ‘saya sakit’,” ujarnya dalam Perawatan Di Rumah Pada Anak Gagal Ginjal yang disiarkan Kementerian Kesehatan di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Dokter Sarankan Pemudik Beristirahat Begitu Sampai di Rumah
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Dia menjelaskan, untuk pendekatan yang dilakukan pada anak di bawah sembilan tahun, perlu yang ringan, misalnya dengan cara mengajak mereka bermain terlebih dahulu sebelum membawa mereka berobat.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Adapun untuk anak remaja, kata dia, sedikit berbeda, karena mereka lebih mudah merasa sedih. Untuk yang seperti itu, ujarnya, semangat yang diberikan sedikit berbeda, karena orang tua juga perlu memberikan anak remaja waktu untuk meratapi nasibnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dia menjelaskan, selain memberikan pengertian, orang tua beserta tenaga kesehatan perlu bekerja sama untuk menciptakan kenyamanan agar anak merasa lebih enak saat menjalani perawatan, seperti hemodialisa. Sebagai contoh, katanya, jadwal hemodialisa pasien kecil dapat disesuaikan dengan jadwal hariannya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pentingnya Power Nap untuk Hindari Kecelakaan Saat Mudik, Begini Caranya

“Intinya kita harus memberikan rumah sakit rumah kedua,” ujarnya menambahkan.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dia mengatakan, semangat juga perlu diberikan pada anak, karena dibutuhkan untuk tetap patuh kepada prosedur pengobatan, mengingat kepatuhan adalah yang terpenting dalam pengobatan.

Sri mengungkapkan, pada pengobatan gagal ginjal, ada banyak yang harus dikonsumsi, misalnya untuk hipertensi, anemi, dan elektrolit.

Apabila tidak patuh pada prosedur dari dokter, katanya, maka anak berisiko terkena gangguan pada ginjalnya juga. Selain itu, ujarnya, orang tua perlu membatasi aktivitas fisik, agar anak tidak kelelahan.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi