Rabu, 01/05/2024 - 03:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Skandal Polisi Yunani dan 102 Kilogram Ganja

ADVERTISEMENTS

ATHENA — Pihak berwenang Yunani mengatakan seorang petugas polisi ditangkap saat berpatroli di utara Yunani. Ia didakwa menggunakan mobil dinasnya untuk menyelundupkan mariyuana.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Dalam pernyataannya Sabtu (16/3/2024), polisi mengatakan pelaku ditahan di Kota Igoumenitsa setelah terjadi kejar-kejaran. Bersama dengan seorang pria Albania ia kedapatan membawa mobil polisi tanpa tanda. Dalam penggeledahan polisi menemukan 102 kilogram mariyuana.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Polisi mengatakan pelaku mengabaikan perintah rekannya untuk berhenti dan mempercepat laju mobilnya. Tapi, kemudian ia kehilangan kendali dan menabrak mobil yang sedang diparkir.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Polisi juga menangkap petugas kedua yang sedang berpatroli dengan tersangka. Tapi, ditemukan di sebuah kedai kopi sekitar 20 kilometer. Tiga tersangka didakwa pasal narkoba. Kota pesisir Igoumenitsa berbatasan dengan Albania. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Palestina Kecam Perampasan Lahan Terbaru Israel di Tepi Barat

Dikutip dari Indeks Kejahatan Terorganisir Global (OCIndex) Yunani merupakan negara transit, tujuan, dan sumber ganja di Eropa. Albania memasok ganja ke sebagian besar negara Eropa melalui rute Yunani-Italia. Penyitaan ganja dalam jumlah besar terjadi di wilayah Thesprotia dan Ioannina, yang keduanya berbatasan dengan Albania.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Banyak kelompok kejahatan terorganisir di Yunani yang terlibat dalam perdagangan ganja juga terlibat dalam perdagangan senjata, penyelundupan manusia, pencucian uang dan pemalsuan. Yunani juga merupakan negara transit dan tujuan untuk perdagangan heroin, yang dioperasikan terutama kelompok kejahatan terorganisir lokal, yang berkolaborasi dengan kelompok kejahatan transnasional.

Negara ini berfungsi sebagai titik masuk untuk rute Balkan, yang menghubungkan koridor perdagangan dari daerah-daerah yang produksi opioid ke negara-negara konsumen di Eropa. Aparat penegak hukum mencatat adanya peningkatan penggunaan rute alternatif dari Turki ke Yunani dan masuk ke Bulgaria, Albania, atau Makedonia Utara. Di dalam negeri, Attica, Thessaloniki, Epirus, Kepulauan Ionia, dan Kreta disorot sebagai titik-titik utama perdagangan heroin.

Berita Lainnya:
AS Nyatakan tak Terlibat Serangan Israel ke Konsulat Iran di Suriah

Heroin diangkut melintasi koridor darat, udara, dan laut, dengan obat terlarang melintasi perbatasan secara ilegal melalui penerbangan komersial, kurir udara, layanan pos, dan perahu kecil. Yunani bertindak sebagai pintu gerbang bagi kelompok-kelompok kejahatan terorganisir Amerika Latin untuk mendapatkan akses ke pasar Eropa.

Mayoritas organisasi dalam perdagangan kokain adalah kelompok-kelompok poli-narkoba yang memperdagangkan ganja. Permintaan kokain di Yunani terkonsentrasi di kota-kota besar seperti Athena, Thessaloniki dan Piraeus. Yunani pada dasarnya adalah negara transit untuk obat-obatan sintetis yang dibawa dari Belanda atau Bulgaria ke Turki. 

sumber : AP

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi