Minggu, 19/05/2024 - 07:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Begini Proses Rekonstruksi Seusai Operasi Kanker Lidah

Ilustrasi ruang operasi. Dokter menjelaskan proses rekonstruksi perlu dilakukan seusai penderita kanker lidah menjalani operasi pengangkatan kanker yang mencakup pemotongan bagian lidah.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Dokter spesialis bedah onkologi Diani Kartini menjelaskan bahwa proses rekonstruksi perlu dilakukan seusai penderita kanker lidah menjalani operasi pengangkatan kanker yang mencakup pemotongan bagian lidah. Semakin dini pasien datang ke dokter, maka lidah yang terbuang tidak banyak. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Kalau lidah terbuang cukup banyak, tentu ada rekonstruksi atau membuat lidah kembali,” kata anggota Kelompok Staf Medis Bedah Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu dalam acara daring pada Kamis (4/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“Tentunya sensasi tidak sama (layaknya lidah asli), tapi bisa membantu pasien makan dan berbicara,” ia menambahkan.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Psikiater Bagikan Teknik Distraksi untuk Kendalikan Emosi

Apabila kanker belum sampai mengisi seluruh bagian lidah, Diani menyampaikan, maka dokter dapat menggunakan lapisan dalam pipi lokal yang datar sebagai bahan rekonstruksi.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Namun, ia melanjutkan, jika operasi memerlukan pengambilan jaringan lidah lebih besar maka bahan rekonstruksi dapat diambil dari bagian tubuh lain, yang kemudian pembuluh darahnya disambungkan ke lidah.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Diani menjelaskan, proses rekonstruksi usai operasi kanker lidah melibatkan tim medis yang dapat terdiri atas dokter gigi, dokter radioterapi, hingga ahli rehabilitasi medik yang bertugas melatih pasien berbicara dan menelan setelah prosedur rekonstruksi.

ADVERTISEMENTS

Ia menyampaikan bahwa rehabilitasi medik merupakan bagian penting dalam proses rekonstruksi seusai operasi kanker lidah.

ADVERTISEMENTS

Menurut dia, penting bagi pasien untuk sejak awal berkonsultasi dengan dokter mengenai otot yang akan diambil untuk rekonstruksi hingga rencana rehabilitasi yang akan dijalankan.

Berita Lainnya:
Viral Bayi Dua Hari Meninggal Setelah Diurut Sang Buyut, Pencernaannya Disebut Tersumbat

Meskipun fisiologis lidah mungkin tidak dapat kembali sebagaimana semula setelah operasi dan rekonstruksi, ia menjelaskan, rehabilitasi dapat membantu pasien melakukan aktivitas sehari-hari seperti berbicara dan menelan makanan dengan lebih baik.

“Karena bukan lidah baru jadi harus dilatih bicara, menggerakkan lidah, menelan makanan. Secara fisiologis kembali ke semula enggak, tapi bisa membantu pasien dalam melakukan aktivitas,” kata Diani.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi