Selasa, 30/04/2024 - 01:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

BMKG: Kondisi Cuaca Selama Pekan Mudik Dibagi dalam Tiga Fase Periodik

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Pekan ini tampaknya masyarakat sudah melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman. Selain mempersiapkan kesehatan, barang bawaan, dan bekal makanan, kita juga perlu mengetahui prakiraan cuaca selama periode mudik. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Idhan Abubakar mengatakan secara umum kondisi cuaca selama pekan mudik dibagi dalam tiga fase periodik. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Masing-masing, periode sepekan sebelum Lebaran yaitu, pada tanggal 3-9 April 2024. Pada periode ini, Idhan mengungkapkan, BMKG memprediksi wilayah Indonesia secara umum berawan dan berpotensi mengalami hujan dalam kategori ringan-sedang. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Periode kedua, sepekan saat Lebaran 2024, yaitu pada tanggal 10-16 April 2024. Pada periode ini diprediksi kondisi cuaca di Indonesia secara umum cerah berawan, namun terdapat potensi hujan sedang-lebat di wilayah Indonesia Timur. 

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Modifikasi Cuaca akan Dilakukan Antisipasi Abu Vulkanik Gunung Marapi di Bandara

“Sedangkan periode ketiga, atau sepekan setelah Lebaran yaitu pada tanggal 17-23, BMKG memprediksi Indonesia bagian utara dan tengah berpotensi mengalami hujan dengan kategori ringan-sedang,” ujar Idhan kepada Republika, Rabu (3/4/2024) malam WIB. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Dia juga menuturkan dalam rangka mendukung persiapan Lebaran tahun 2024, BMKG menyediakan layanan informasi cuaca khusus untuk jalur mudik (Digital Weather for Traffic/DWT). Layanan Digital Weather for Traffic ini telah terintegrasi di seluruh wilayah Indonesia. 

Melalui layanan tersebut, menurut Idhan, masyarakat dapat  dengan mudah memperoleh informasi cuaca sepanjang perjalanan mulai dari lokasi awal hingga tujuan yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna.

“Layanan Digital Weather for Traffic telah tersedia di aplikasi mobile infobmkg atau dapat dengan mudah diakses melalui web https://signature.bmkg.go.id/dwt/” katanya. 

Berita Lainnya:
Matahari Buatan Korea Selatan Pecahkan Rekor Reaktor Fusi

Selain itu, Idhan juga mengatakan masyarakat diimbau untuk beberapa hal, yaitu sebagai berikut. 

a) simak informasi cuaca terbaru dari BMKG secara berkala beserta potensi banjir sepanjang jalur mudik yang dikeluarkan melalui website, aplikasi infoBMKG, dan akun sosial media resmi BMKG. 

b) Tetap tenang dan waspada terhadap potensi bencana terutama banjir atau genangan yang sewaktu-waktu dapat terjadi. 

c) Mengenali potensi bencana di lingkungannya dan mulai memahami cara mengurangi risiko bencana tersebut, misalnya dengan tidak membuang sampah sembarangan. 

d) Tetap memperbarui informasi dari pemerintah daerah setempat terkait protokol evakuasi apabila terjadi bencana sepanjang jalur mudik. 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi