Selasa, 30/04/2024 - 10:51 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Buntut Ruas Tol Bocimi Amblas, Pemudik Diminta Tetap Waspada

ADVERTISEMENTS

 SUKABUMI — Cuaca ekstrem selama periode peralihan musim (pancaroba) ditengarai menjadi penyebab utama amblasnya Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada Rabu malam lalu. Hujan yang kerap terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat, adalah pemicu bencana hidrometrologi, seperti banjir bandang dan tanah longsor. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Tol Bocimi menjadi salah satu wilayah di Jawa Barat yang rentan terhadap bencana tanah longsor. Tol Bocimi dibangun di perbukitan bergelombang dengan kemiringan lereng bervariasi, mulai landai hingga agak curam. Berdasarkan peta prakiraan Gerakan Tanah bulan April 2024, lokasi ini masuk dalam zona potensi gerakan tanah menengah-tinggi. Kelapukan tanah yang cukup tebal dan kemiringan lahan yang agak curam, membuat hujan dengan intensitas tinggi dan cukup lama sebagai pemicu terjadinya bencana. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Ada rongga-rongga atau retakan di dalam tanah, yang saat hujan terisi air dan menyebabkan tanah mengembang, lalu mengakibatkan pergerakan tanah,” kata Dr. Muhammad Hidayat, Pakar Komunikasi Bencana, Sabtu (6/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Geopolitik Memanas dan Suku Bunga Acuan BI Naik, BRI Yogya: Kita Masih Harus Tumbuh
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Apalagi kalau kita lihat, kondisi tebing di lokasi kejadian memang agak curam dan memperbesar gaya dorong.”

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Tiga kendaraan yang melaju dari arah Jakarta mengalami kecelakaan: satu MPV masuk lubang sedalam 15 meter, dan dua lainnya menabrak median jalan, akibat amblas yang terjadi. Seluruh korban dievakuasi dengan lancar tanpa korban jiwa.

Saat ini, tengah dilakukan analisis untuk perbaikan di Tol Bocimi. Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berencana untuk membangun pondasi penahan sebagai upaya perbaikan temporer, agar jalur yang tidak terdampak longsor dapat dilalui pemudik.

“Selain perbaikan, perlu ada cek dan analisis wilayah di sekitar Tol Bocimi, untuk siaga mengamati retakan-retakan yang terjadi–karena longsor tidak terjadi secara tiba-tiba, ada tanda-tandanya. Selain itu, harus ada rambu atau tanda khusus di sekitar area rawan bencana longsor, agar pengguna jalan dapat meningkatkan kewaspadaan,” ungkap Dr. Muhammad Hidayat.

Berita Lainnya:
Viral Seorang Pemudik yang Ceritakan Mudik Gratis Alfamart Tapi Meminta Iuran Tol, Begini Klarifikasi dari Sopir Bus

“Sebetulnya kondisi amblas di tol ini memang jamak terjadi. Beberapa tahun lalu Cipularang juga mengalami hal ini. Tidak hanya di jalan tol, secara umum wilayah tengah hingga selatan pulau Jawa memang cukup rawan amblas dan longsor, apalagi ditambah cuaca ekstrem di sepuluh hari pertama bulan April,” kat Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Dr. Abdul Muhari. 

Pemudik diharapkan bisa lebih waspada dan menghindari berkendara dalam kondisi hujan. Hujan yang berlangsung lebih dari satu jam, meningkatkan resiko amblas dan longsor. Beristirahat di Rest Area menjadi pilihan terbaik jika kondisi cuaca kurang bersahabat, agar mudik tetap selamat.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi