Kamis, 02/05/2024 - 14:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Penyeberangan Kariangau Sepi, Pj Gubernur: Imbas Tol Samboja Dibuka

ADVERTISEMENTS

BALIKPAPAN — Penjabat Gubernur Akmal Malik bersama Forkopimda Kalimantan Timur melakukan peninjauan terkait puncak arus mudik Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah di Pelabuhan Penyeberangan Kariangau, Kota Balikpapan, Ahad (7/4/2024). Kunjungan dilakukan di titik keberangkatan kapal tujuan Penajam, Palu, dan Mamuju.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Terlihat tadi secara umum masih terkendali,” ucap Akmal dalam siaran pers di Jakarta, Senin (8/4/2024). Menurut dia, jumlah pemudik masih relatif sedikit dibandingkan tahun 2023 pada hari H-4 atau H-5 Lebaran.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Bahkan, kata Akmal, terjadi penurunan jumlah penumpang mendekati 50 persen diduga karena dibukanya akses jalan tol di Samboja kilometer (KM) 38. “Mereka yang mau ke Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah lebh memilih lewat darat. Jadi tidak melalui penyebrangan,” jelasnya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Tujuh Korban Meninggal dalam Kebakaran Mampang, Gulkarmat: Tak Ada Akses Alternatif Keluar
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Akmal mengatakan, pihaknya berdiskusi dengan DPRD dan Dinas Perhubungan agar Pelabuhan Kariangau berikan perlindungan karena memiliki nilai sejarah. “Penyeberangan niaga ini bersejarah. Nanti kita diskusikan lebih lanjut bersama-sama agar penyebrangan ini menjadi salah satu moda transportasi laut nantinya,” tuturnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Terlebih lagi, sambung dia, ketika nanti pembangunan Jembatan Pulau Balang selesai. Alhasil, diprediksi penyeberangan feri yang menghubungkan Balikpapan-Penajam Paser Utara akan sepi. “Bisa jadi museum, makanya kita nanti diskusikan dengan otoritas terkait,” jelas Akmal.

Meski begitu, Akmal melihat, pelayanan arus mudik melalui penyeberangan dan pelabuhan laut terlayani dengan baik. Menurut dia, sejauh ini, penyeberangan feri ke Penajam tidak ada mengalami kendala yang cukup berarti. “Kendalanya cuma nunggu kapalnya lama datang,” ujarnya.

Berita Lainnya:
Ditanya Tuntutan Aksi, Massa Tandingan: Enggak Tahu

Dia menyebut, ada pemudik yang sampai menunggu satu hari satu malam kedatangan kapal dari Kalimantan Tengah. “Kan jauh-jauh tuh yang datang dari Palangkaraya, mereka masuknya lewat sini kan dari Palu,” ujar Akmal.

Untuk tarif atau harga tiket berlaku standar atau tidak terjadi kenaikan. “Artinya berlaku hukum ekonomi, kalau demandnya (permintaan) terbatas, supplynya turun, karena harga yang ditetapkan di penyeberangan itu standar berdasarkan SK gubernur,” kata Akmal.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi