Selasa, 30/04/2024 - 01:00 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kemensos Klaim Belasan Ribu Keluarga Keluar dari Kemiskinan Ekstrem

ADVERTISEMENTS

Seorang warga mengambil nasi kering untuk pakan unggas di jalur kereta api Palmerah-Tanah Abang, Jakarta, Selasa (27/10/2022). Pemerintah telah mengucurkan anggaran Rp450 triliun guna merealisasikan penghapusan kemiskinan ekstrem yang mencapai 5,59 juta orang di Indonesia melalui sinergi program antar kementerian/lembaga maupun pemerintah daerah.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA–Kementerian Sosial (Kemensos) menyebutkan sebanyak 11.260 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia berhasil keluar dari kemiskinan ekstrem. Mereka berhasil lepas dari kemiskinan ekstrem disebut berkat bantuan Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memaparkan belasan ribu KPM tersebut berasal dari enam Program PENA. Yakni PENA Reguler, Berdikari, Atensi, Komunitas, Bencana, Vokasional.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Hakim MK Singgung Minimnya Peran Risma dalam Penyaluran Bansos: Ada Apa Nih Bu Mensos?
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

“Jadi tahun ini Program PENA berhasil meluluskan 11.260 keluarga dari kemiskinan ekstrem per Maret 2024 dengan indikator adalah mereka yang belasan ribu ini kini memiliki pendapatan di atas Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK),” tutur Mensos Risma di Jakarta, beberapa waktu lalu..

ADVERTISEMENTS

Dari keenam Program PENA tersebut, lanjut dia, keluarga penerima manfaat yang paling cepat keluar dari kemiskinan ekstrem ialah penerima Program PENA Berdikari dengan 5.630 KPM.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Bunuh dan Timbun Jasad Istri di Rumah, Suami Terancam Hukuman Mati

 

Hal tersebut karena para penerima Program PENA Berdikari, kata dia, umumnya sudah memiliki embrio usaha sehingga tinggal mendapatkan pelatihan tambahan, seperti branding dan manajemen keuangan untuk keberlangsungan usaha masing-masing.

Adapun total keluarga penerima manfaat Program PENA dari tahun 2023 hingga Maret 2024 sebanyak 21.333 KPM, dengan Jawa Tengah menjadi provinsi terbanyak dan Jawa Barat menjadi provinsi terbanyak kedua meluluskan KPM dari garis kemiskinan ekstrem.

Pihaknya menyebutkan Provinsi Jawa Tengah memiliki total penerima Program PENA sebanyak 3.970 KPM, sementara provinsi Jawa Barat memiliki 2.961 KPM.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi