Jumat, 17/05/2024 - 03:46 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Sekilas Kehidupan Media di Cina

Wang menekankan, Cina belajar dari Barat. Kendati demikian, segala sesuatu yang diperoleh, dikonversi dan dimodifikasi sesuai dengan “karakteristik” Cina.  

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Pengalaman Meliput Konferensi Pers

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Awal bulan lalu, tim panitia CIPC mengajak para jurnalis peserta untuk meliput rangkaian kegiatan Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Cina (CPPCC) dan Kongres Rakyat Nasional (NPC) ke-14 yang digelar di Balai Rakyat Agung, Beijing. Tim panitia juga mengajak para jurnalis meliput dua konferensi pers di sela-sela perhelatan agenda yang dikenal dengan istilah “Two Session” tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Konferensi pers pertama terkait perkembangan ekonomi Cina. Konferensi pers ini dihadiri Menteri Keuangan Lan Fo’an, Menteri Perdagangan Wang Wentao, dan Gubernur Bank Rakyat Cina Pan Gongsheng. Sementara konferensi pers kedua terkait kebijakan luar negeri. Dalam konferensi pers tersebut, Menteri Luar Negeri (Menlu) Cina Wang Yi hadir dengan didampingi Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina Hua Chunying.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
DPR AS Loloskan Legislasi Pemberian Bantuan ke Ukraina dan Israel 

Dalam dua konferensi pers terkait, saya menyaksikan banyak jurnalis lokal Cina. Terdapat pula koresponden-koresponden media asing. Semua jurnalis yang hadir dalam konferensi pers, termasuk peserta program CIPC, boleh mengajukan pertanyaan kepada para narasumber.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Saat mengikuti konferensi pers Menlu Wang Yi, saya beberapa kali mengangkat tangan untuk mengajukan pertanyaan. Namun saya gagal dipilih oleh moderator. Sepengamatan saya, tak ada jurnalis peserta CIPC yang terpilih untuk bertanya dalam dua konferensi pers di sela-sela Two Session.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kebanyakan jurnalis yang terpilih untuk mengajukan pertanyaan adalah jurnalis lokal, termasuk jurnalis dari media pemerintah Cina seperti Xinhua dan CCTV. Menurut saya, pertanyaan mereka pun tak ada yang bersifat “mengkritisi” kebijakan-kebijakan pemerintah. Normatif saja.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Bukan Cuma Genosida, Israel Juga Dituding Lakukan Skolastisida di Gaza, Apa Itu?

Di luar itu, sejujurnya ada perasaan agak aneh saat saya menghadiri dua konferensi pers yang digelar di sela-sela Two Session. Sebab semua pertanyaan jurnalis, termasuk beberapa pertanyaan koresponden media asing, dijawab oleh para pejabat Cina terkait dengan membaca tablet atau dokumen yang telah mereka persiapkan.

ADVERTISEMENTS

Beberapa jurnalis peserta program CIPC bercerita kepada saya bahwa mereka cukup bosan ketika harus mengikuti kedua konferensi pers tersebut. Mereka menilai, keduanya seperti pengarahan (briefing) dan “promosi” kebijakan saja. 

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi