Selasa, 30/04/2024 - 01:34 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Wilayah Ini Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Sabtu Sore

ADVERTISEMENTS

 RANGKAS BITUNG–Masyarakat Kabupaten Lebak, Banten mewaspadai curah hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang berpotensi terjadi Sabtu (13/4/2024) sore. Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak Agust Riza Faesal mengatakan masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana alam agar meningkatkan kewaspadaan menghadapi hujan lebat disertai angin kencang dan petir/kilat.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Cuaca buruk tersebut berdasarkan laporan BMKG dan berpeluang menimbulkan bencana banjir, longsor, pergerakan tanah, angin puting beliung dan gelombang tinggi. Selama ini, kata dia , wilayah Kabupaten Lebak masuk daerah langganan bencana alam, karena tofografinya perbukitan, pegunungan, aliran sungai dan pesisir pantai.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
BPBD Garut: Empat Orang Terluka Dampak Gempa Bumi
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Oleh karena itu, BPBD Lebak menyampaikan peringatan kewaspadaan pada masyarakat, khususnya di 15 kecamatan yang dipetakan sebagai daerah rawan bencana alam. “Dengan peringatan kewaspadaan itu dapat mengurangi risiko kebencanaan sehingga tidak menimbulkan korban jiwa,” katanya, Sabtu.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Menurut dia, BPBD Lebak kini mempersiapkan peralatan evakuasi guna menyelamatkan warga jika terjadi bencana alam akibat cuaca buruk tersebut. Peralatan evakuasi itu di antaranya perahu karet, gergaji mesin, pakaian pelampung, tenda, kendaraan operasional hingga penyediaan logistik.

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Selain itu juga pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait, seperti Kepolisian, TNI, Basarnas , BNPB, PUPR, PLN, Dinsos dan lainnya. “Kami bergerak cepat untuk melakukan pertolongan jika menerima informasi bencana alam itu,” katanya menjelaskan.

Berita Lainnya:
BMKG Prakirakan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Berawan

Sementara itu, sejumlah warga Kecamatan Cimarga Kabupaten Lebak mengatakan bahwa mereka sejak beberapa hari terakhir meningkatkan kewaspadaan bencana alam agar tidak menimbulkan korban jiwa menyusul curah hujan tinggi di daerah tersebut.

“Kami setiap curah hujan lebat disertai petir dan angin kencang mengungsi ke tempat yang lebih aman karena khawatir rumah miliknya roboh,” kata Edi (50 tahun) sambil menyatakan kondisi rumahnya rusak berat akibat diterjang pergerakan tanah tahun 2018.

sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi