Selasa, 30/04/2024 - 02:42 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Prediksi Tepat Biden Perkirakan Serangan Balasan Iran

ADVERTISEMENTS

Sistem pertahanan udara Iron Dome Israel diluncurkan untuk mencegat rudal yang ditembakkan Iran, di Israel, Ahad (14/4/2024). Iran melancarkan serangan militer langsung pertamanya terhadap Israel pada hari Sabtu. Militer Israel mengatakan Iran menembakkan lebih dari 100 drone pembawa bom ke arah Israel. Beberapa jam kemudian, Iran mengumumkan bahwa mereka juga telah meluncurkan rudal balistik yang jauh lebih merusak.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 WASHINGTON — Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden pada Sabtu, (13/4/2024) memperkirakan Iran akan segera meluncurkan serangan balasan terhadap Israel. Ia juga memperingatkan Teheran untuk tidak melakukannya. Saat ditanya pesannya pada Iran, Biden menjawab: “Jangan,” dan ia menekankan komitmen Washington untuk membela Israel.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kami berdedikasi untuk membela Israel. Kami akan mendukung Israel. Kami akan membantu mempertahankan Israel dan Iran tidak akan berhasil,” katanya, Sabtu (13/4/2024). Namun, imbauan Biden ini tak digubris oleh Iran yang akhirnya meluncurkan serangan balasan ke Israel, pada Ahad, (14/4/2024). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Menlu Retno Kecam Serangan Israel ke Fasilitas Diplomatik Iran
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Sebelumnya, Israel juga telah sesumbar siap menghadapi serangan Iran atau proksinya, setelah Teheran berjanji membalas serangan udara ke kantor konsulatnya di Suriah yang menewaskan tujuh orang termasuk seorang perwira senior Garda Revolusi Iran, pada 1 April 2024. 

ADVERTISEMENTS

Israel memang tidak mengklaim bertanggung jawab atas serangan 1 April. Namun Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan Israel “harus dihukum dan akan dihukum” atas serangannya yang setara dengan serangan ke wilayah Iran.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Biden mengatakan ia tidak akan mengumumkan informasi keamanan, tapi ia mengatakan serangan Iran akan terjadi “lebih cepat, dibandingkan lambat.” Hal ini ia sampaikan di Gedung Putih usai pidato virtual dalam konferensi hak sipil.

AS telah mengerahkan kapal perangnya ke posisi untuk melindungi pasukan Israel dan AS di kawasan. Surat kabar Wall Street Journal melaporkan, AS memprediksi serangan langsung dari Iran.

Berita Lainnya:
Heboh Sususan Kabinet Pemerintahan Prabowo-Gibran Bocor di Media Sosial, TKN Beberkan Faktanya

Surat kabar itu melaporkan langkah AS bagian dari upaya untuk menghindari konflik menyebar lebih luas di Timur Tengah. Setelah adanya peringatan dari orang yang mengetahui waktu dan lokasi serangan Iran.

Namun Wall Street Journal melaporkan orang yang mendapat pengarahan dari pemimpin Iran mengatakan meski rencana serangan sudah dibahas tapi belum ada keputusan akhir yang sudah dibuat. Negara-negara termasuk India, Indonesia, Prancis, Polandia, Rusia dan Kanada meminta warganya tidak atau berhati-hati saat bepergian ke kawasan yang sudah dilanda perang Israel di Gaza selama tujuh bulan terakhir.

Jerman juga segera meminta warganya segera meninggalkan Iran. Sebelumnya juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan serangan Iran akan segera terjadi. Tapi, ia tidak mengungkapkan waktunya. Kirby mengatakan AS sedang melihat postur pasukannya sendiri di wilayah tersebut sehubungan dengan ancaman Teheran dan mengamati situasi dengan sangat cermat.

sumber : Reuters

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi