Minggu, 19/05/2024 - 06:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Serangan Iran ke Israel Mengganggu Penerbangan Global

Selama dua hari terakhir setidaknya satu lusin maskapai termasuk Qantas, Lufthansa, United Airlines dan Air India harus membatalkan atau mengubah rute penerbangannya. (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 SINGAPURA — Serangan drone dan rudal Iran ke Israel menimbulkan gangguan pada penerbangan maskapai-maskapai global. Serangan juga mempersempit opsi jalur penerbangan antara Eropa dan Asia.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Lebih dari 300 drone dan rudal yang diluncurkan Iran ke Israel ditembak jatuh dengan sistem pertahanan udara. Tetapi serangan balasan Iran atas serangan udara Israel ke kantor konsulat Iran di Suriah itu tetap menyebabkan gangguan pada industri penerbangan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

Selama dua hari terakhir setidaknya satu lusin maskapai termasuk Qantas, Lufthansa, United Airlines dan Air India harus membatalkan atau mengubah rute penerbangannya.  

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Banjir Bandang di Afghanistan Tewaskan 153 Orang

Pendiri organisasi pemantau maskapai dan bandara OPSGROUP Mark Zee mengatakan ini gangguan penerbangan tunggal terbesar sejak peristiwa 11 September 2001. “Sejak itu kami belum pernah mengalami situasi di mana begitu banyak ruang udara yang berbeda ditutup secara berurutan, dan hal ini menciptakan kekacauan,” kata Zee Ahad (14/4/2024), dilansir laman Reuters.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia menambahkan kemungkinan gangguan akan berlangsung selama beberapa hari. Masalah perubahan rute terbaru menjadi pukulan keras bagi industri penerbangan yang sudah menghadapi pembatasan akibat konflik Israel di Gaza dan invasi Rusia di Ukraina.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ruang udara Iran biasanya digunakan untuk perjalanan antara Eropa dan Asia. Zee mengatakan maskapai akan membatasi opsi penerbangan pada dua rute yang masih tersedia yakin melalui Turki via Mesir dan Arab Saudi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
Berita Lainnya:
Tentara Israel Bingung, Balik ke Jabalia dan Bom Kamp Pengungsi, Para Ibu Tentara IDF Frustasi

Israel menutup ruang udaranya pada Sabtu (13/4/2024) sebelum dibuka kembali pada Ahad pagi. Yordania, Irak, Lebanon juga sudah mengizinkan kembali penerbangan di atas wilayahnya.

ADVERTISEMENTS

Maskapai-maskapai besar Timur Tengah seperti Emirates Airlines, Qatar Airways dan Etihad Airways, mengatakan mereka akan kembali beroperasi di wilayah tersebut setelah membatalkan atau mengalihkan beberapa penerbangan.

ADVERTISEMENTS

Analisis penerbangan independen Brendan Sobie mengatakan masih belum jelas apakah gangguan terbaru ini akan berdampak pada permintaan penumpang, yang tetap kuat meskipun ada konflik yang sedang berlangsung di Ukraina dan Gaza.

“Jika situasi politik dan konflik terus meningkat maka pada suatu saat orang akan khawatir untuk bepergian, namun sejauh ini hal itu belum terjadi,” kata Sobie. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi