Minggu, 19/05/2024 - 06:17 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Terpidana Korupsi Setya Novanto Dapat Remisi, Eks Pegawai KPK Sebut Janggal

Terpidana kasus korupsi proyek KTP Elektronik Setya Novanto bersaksi pada sidang lanjutan kasus serupa dengan terdakwa Markus Nari di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (2/10/2019).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Para mantan pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kini tergabung dalam IM57+ Institute memprotes keras pemberian remisi terhadap mantan Ketua DPR RI Setya Novanto. Pengurangan hukuman tersebut dinilai tak layak diberikan kepada terpidana kasus korupsi Setya Novanto. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Ketua IM57+, M Praswad Nurgaha mengingatkan Setya Novanto melakukan banyak cara supaya terbebas dari jerat hukum. Salah satunya berpura-pura sakit dengan merekayasa kecelakaan. Sehingga menurut Praswad, pemberian remisi itu tergolong janggal. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“Menjadi pertanyaan, apakah pemberian remisi bagi terpidana yang pada saat dilakukan proses penegakan hukum melakukan berbagai manuver untuk terbebas dari hukuman layak mendapatkan remisi,” kata Praswad saat dikonfirmasi pada Senin (15/4/2024). 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Peringati Hari Bumi Sedunia Telkomsel Ajak Pelanggan Ciptakan Jejak Kebaikan

Praswad mengungkapkan Setya Novanto pernah mengambil manuver politik agar lolos dari jerat hukum. Tindakan tersebut menurutnya jadi pengingat bahwa Setya Novanto mestinya tak layak diberi remisi. Praswad menekankan penghukuman terhadap Setya Novanto sudah tepat selama ini tanpa perlu remisi. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Hal tersebut mengingat upaya yang dilakukan SN tidak dapat dianggap main-main. Mulai dari rekayasa sakitnya dia sampai berbagai upaya intervensi politik,” ujar Praswad. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Selain itu, Praswad menyentil keras pemberian remisi karena tak mempertimbangkan kerugian yang timbul akibat ulah Setya Novanto. Praktek culas Setya Novanto telah merugikan masyarakat secara luas. 

ADVERTISEMENTS

“Kasus korupsi memiliki dampak yang sangat luas karena mengintervensi kepentingan publik. Hal tersebut yang menyebabkan berbagai bentuk peringanan hukuman baik sebelum maupun pasca eksekusi pengadilan perlu melihat berbagai aspek dan dilakukan secara sangat hati-hati,” ucap Praswad. 

ADVERTISEMENTS

Diketahui, sebanyak 240 narapidana korupsi di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat mendapat remisi hari raya Idulfitri 1445 H/2024 M. Koruptor yang dapat remisi salah satunya Setya Novanto. 

Berita Lainnya:
Pemerintah Buka Seleksi 3.445 Formasi CASN Jalur Sekolah Kedinasan

Tercatat, Setya Novanto bukan hanya sekali memperoleh remisi Idul Fitri di Lapas Sukamiskin, Bandung. Tahun lalu Setya Novanto pun memperoleh pengurangan masa pemenjaraan selama sebulan seperti didapatkannya pada tahun ini. 

Remisi tersebut diklaim pihak Lapas diberikan sesuai Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan. Tapi apakah pemberian remisi itu sudah mempertimbangkan moral dan kepantasan.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi