Selasa, 30/04/2024 - 02:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EKONOMIENERGI

Menko Airlangga Bilang Harga Minyak Mentah Sudah di Atas Asumsi APBN

ADVERTISEMENTS

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar Halal Bihalal di kantornya, Selasa (16/4/2024).

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto menegaskan, harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak akan naik sampai Juni tahun ini. Walau harga minyak mentah dunia kini terus naik, akibat meningkatnya konflik di kawasan Timur Tengah, terutama saat Israel melakukan serangan balasan ke Israel.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Sampai Juni tidak naik. Itu sudah statement pemerintah,” ujar Airlangga kepada wartawan dalam Halal Bihalal di kantornya, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Ia mengakui, kenaikan harga minyak mentah dunia akibat semakin panasnya tensi geopolitik di Timur Tengah berpotensi meningkatkan beban anggaran subsidi energi, baik BBM maupun LPG. Itu dikarenakan jalur logistik energi di Selat Hormuz turut terganggu.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kilang Pertamina Plaju Targetkan Suplai Bensin 78.000 KL

Dirinya menjelaskan, harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price sudah naik ke level 83,78 dolar AS per barel dari asumsi pemerintah dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 yang berada di kisaran 82 dolar AS per barel. 

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

 

Maka diperkirakan, penyesuaian anggaran subsidi energi akan terjadi pada tahun ini. Hanya saja belum bisa dipastikan waktunya, Menko Perekonomian akan membahas hal tersebut dengan Menteri Keuangan dan Menteri ESDM.

“Kita lihat di Timur Tengah, khususnya Israel ini, Selat Hormuz memainkan peran yang sangat penting untuk logistik, terutama BBM,” katanya. Dirimua berharap, konflik Timur Tengah tidak berkepanjangan, sehingga harga minyak mentah bisa kembali stabil sesuai asumsi pemerintah dalam APBN 2024.

Berita Lainnya:
Pertamina Pastikan Ketersediaan BBM untuk Arus Balik Idul Fitri 2024

Pemerintah, tegas Airlangga, akan terus memantau keadaan. Hanya saja, kata dia, pemerintah juga tidak ingin merespons berlebihan.

“Kita lihat sampai stabil, biasanya dalam situasi seperti sekarang, kalau terjadi deeskalasi, kita melihat pada saat perang di Ukraina, dan saat Gaza, itu tidak terlalu berpengaruh. Namun kalau yang ini berpengaruh karena Selat Hormuz itu jadi sangat penting dan critical,” jelasnya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi