Selasa, 21/05/2024 - 21:33 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Sejarah Masuknya Islam di Iran

JAKARTA – Iran memiliki sejarah yang kaya dan kompleks, memiliki peran penting dalam menyebarkan agama Islam di wilayah tersebut. Masuknya Islam ke Iran bukanlah peristiwa singkat atau segera, melainkan merupakan proses yang berlangsung selama beberapa abad dan dipengaruhi oleh berbagai faktor politik, sosial, dan budaya. Terdapat sejarah awal penyebaran Islam hingga pembentukan peradaban Islam yang kuat di Iran.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Dalam buku karya Sayyid Hussein yang berjudul Islamic Art and Spirituality menjelaskan bahwa sebelum kedatangan Islam, Iran adalah pusat dari Kekaisaran Sassania, yang merupakan salah satu kekuatan dominan di dunia pada masa itu. Kekaisaran ini memiliki budaya dan agama Zoroastrianisme yang kuat. Namun, pada abad ke-7 Masehi, wilayah ini menjadi sasaran penaklukan oleh tentara Islam dari Arab, yang dipimpin oleh para penyebar Islam awal seperti Khalid bin Walid.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
Presiden Iran Ebrahim Raisi Terkonfirmasi Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Penaklukan dan Penyebaran Islam

Penaklukan Arab terhadap Iran dimulai pada awal abad ke-7 Masehi pada Pertempuran al-Qadisiyyah pada tahun 636 M. Pertempuran ini berujung pada kekalahan Kekaisaran Sassania yang membuka jalan bagi penyebaran Islam di wilayah tersebut. Penaklukan ini tidak hanya bersifat militer, tetapi juga membawa perubahan sosial dan budaya yang mendalam di Iran.

 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Penerimaan dan Adaptasi Islam

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Meskipun awalnya ada perlawanan terhadap penaklukan Arab dan agama Islam, sebagian besar masyarakat Iran pada akhirnya menerima Islam. Proses ini tidaklah seragam di seluruh wilayah, dan banyak yang mempertahankan elemen-elemen budaya dan agama Zoroastrianisme mereka. Ini menciptakan identitas Islam Iran yang unik, dengan penggabungan unsur-unsur dari kedua tradisi.

Berita Lainnya:
Di Balik Pernikahan Rasulullah SAW dan Aisyah, Sosok Muslimah yang Dipilih Allah SWT

Dinasti-dinasti Islam di Iran

ADVERTISEMENTS

Setelah penaklukan Arab, Iran menjadi bagian dari Kekhalifahan Islam dan kemudian melalui periode dinasti-dinasti seperti Abbasiyah, Samaniyah, Seljuk, dan Safawiyah. Setiap dinasti ini memberikan kontribusi uniknya terhadap perkembangan Islam di Iran, baik dalam hal politik, budaya, maupun agama.

ADVERTISEMENTS

Peran Intelektual dan Kultural

Iran telah menjadi pusat intelektual dan kultural dalam dunia Islam selama berabad-abad. Tokoh-tokoh seperti Ibnu Sina, Al-Khwarizmi, dan Rumi adalah contoh dari warisan intelektual yang kaya yang berasal dari Iran. Mereka tidak hanya berkontribusi pada pemikiran dan ilmu pengetahuan Islam, tetapi juga memperkaya warisan budaya dunia. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi