Selasa, 21/05/2024 - 21:24 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Penumpang Keluhkan Harga Tiket Pesawat, Kemenhub: Tak Melanggar Tarif Batas Atas

Sejumlah pesawat terbang berada di apron Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (23/2/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

 JAKARTA — Kementerian Perhubungan memastikan tidak ada maskapai penerbangan yang menjual tiket melampaui tarif batas atas (TBA) selama periode mudik Lebaran 2024 ini. Hal ini disampaikan Juru Bicara Kementerian Perbubungan (Kemenhub) Adita Irawati menyusul keluhan para penumpang mengenai harga tiket pesawat yang naik drastis saat lebaran lalu. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

“Yang penting kenaikan tidak melebihi koridor TBA dan kami tegaskan sampai saat ini Dirjen Perhubungan Udara sudah lakukan monitoring tidak ada pelanggaran batas atas,” ujar Adita dalam keterangannya, Jumat (19/4/2024).

Berita Lainnya:
Pasar Angkutan Umum Jabodetabek Besar, Tapi Capaian Baru 20 Persen

Adita mengatakan, kenaikan harga pesawat yang dirasakan pengguna harus dilihat dalam jangka waktu lebih panjang. Selain itu, tiket pesawat juga berkaitan erat dengan peak season maupun low season karena meningkatnya permintaan.

“Harus dilihat dalam jangka waktu yang lebih panjang. Sebelum mudik Januari-Februari itu low season. Ketika low season, demand turun, maskapai akan turunkan harga. Turunkan harga kadang-kadang promonya juga luar biasa,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Ketika masuk high season itu diperbandingkan, saat naiknya 100 persen itu bisa dibilang logis karena sebelumnya sudah diturunkan jauh dengan demand yang turun,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Kecelakaan di Ciater, Kemenhub: Bus tak Punya Izin Angkutan

Adita juga merespons terkait pemanggilan tujuh maskapai oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berkaitan kenaikan harga tiket pesawat.

“Kita sudah kooperatif dengan KPPU, data yang diminta juga sudah diberikan. Intinya, Kemenhub memberikan data-data sesuai regulasi dan hasil inspeksi yang sudah kita lakukan. Kita menghormati prosesnya dan sekarang tinggal seperti apa KPPU memproses, kita akan mengikuti,” katanya.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi