Sabtu, 04/05/2024 - 02:32 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Otoritas IKN Siapkan Layanan Kesehatan Digital untuk Masyarakat Sekitar IKN

ADVERTISEMENTS

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) tengah menyiapkan layanan kesehatan berbasis digital untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat di sekitar IKN. (ilustrasi)

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) tengah menyiapkan layanan kesehatan berbasis digital untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat di sekitar IKN. Direktur Pelayanan Dasar Otorita IKN, Suwito menjelaskan, OIKN tengah merancang platform telemedicine Nusantara agar masyarakat bisa mendapatkan akses layanan kesehatan dengan mudah melalui teknologi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kita nanti akan membuat platform telemedicine Nusantara. Ini yang pertama fungsinya untuk kemudahan pelayanan pada masyarakat, walaupun nanti ada fungsi yang lain untuk pencatatan dan pelaporan. Jadi dengan platform digitalisasi telemedicine Nusantara, masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan relatif mudah dengan teknologi yang ada,” jelas Suwito, dikutip dari siaran pers OIKN pada Ahad (21/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Seorang Guru Honorer Tega Lakukan Ini pada Ibu dan Adiknya Gara-gara Kecanduan Judi Online
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Melalui platform telemedicine ini, masyarakat juga bisa memilih dokter dan tempat pelayanan Kesehatan. Sehingga tidak perlu bersusah payah mengantre panjang. “Ke depan juga dimungkinkan untuk melakukan konsultasi Kesehatan dan konsultasi psikologis melalui platform tersebut,” ujarnya.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Lebih lanjut, Suwito mengungkapkan, saat ini sudah dilakukan pembangunan empat rumah sakit baru di wilayah Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Menurutnya, peningkatan kualitas layanan rumah sakit dan puskesmas yang telah berdiri juga akan  ditingkatkan, mulai dari sarana prasana hingga peningkatan kompetensi SDM.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Untuk infrastruktur rumah sakit dan puskesmas yang sudah ada saat ini sudah akan direvitalisasi gedungnya, gedungnya akan dibangun yang baru, ada tiga puskesmas dan satu rumah sakit. Demikian juga untuk peralatan medis akan dipenuhi,” jelas dia.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
OPM Kembali Beraksi, Anak Kepala Suku Marcel Kasilmabin Tewas Tertembak di Kepala Bagian Kanan

Saat ini, OIKN pun tengah berkolaborasi dengan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia untuk pemenuhan tenaga medis di rumah sakit maupun puskesmas, termasuk dokter spesialis, dokter umum, dan dokter gigi.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

“Jadi kita siapkan komprehensif, sarana-prasarana gedung termasuk tenaga medis dan tenaga Kesehatan,” kata Suwito.

Selain itu, Otorita IKN juga akan berkolaborasi dengan universitas maupun politeknik kesehatan lainnya untuk penambahan tenaga medis. OIKN mendorong perpindahan dokter-dokter spesialis dari beberapa rumah sakit, baik dari wilayah Kalimantan maupun dari luar Kalimantan serta akan membuka kesempatan bagi tenaga kesehatan dan tenaga medis untuk bergabung melalui seleksi CPNS.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi