Rabu, 24/07/2024 - 20:50 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Anak Kecanduan Game, Dokter Ibaratkan ‘Rem Mobil Blong’, Ortu Harus Apa?

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Anak Nasional 23 Juli 2024 dari Bank Aceh Syariah

JAKARTA — Belakangan viral rangkaian video terkait anak-anak yang diduga kecandungan game online (gim daring). Kecanduan gawai dan gim daring ini telah terbukti berbahaya secara medis.

ADVERTISEMENTS
Selamat ulang tahun ke-57 Bapak Bustami, S.E., M.Si, Penjabat Gubernur Aceh

Menurut DR Dr I Gusti Ayu Trisna Windiani, Anggota Unit Kerja Koordinasi Tumbuh Kembang Pediatri Sosial IDAI, gawai tidak hanya menyebabkan keterlambatan bicara dan bahasa, tetapi juga mengganggu fokus anak. Hal itu karena fungsi eksekutifnya sudah terganggu.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa 2024

“Karena otak depan untuk memorinya untuk kontrol emosinya, keinginannya terganggu (akibat) terpapar terlalu banyak dan terlalu dini dengan gawai itu maka seperti mobil, rem blong, mau apa harus cepat, harus dapat, mental emosi terganggu,” kata DR Dr I Gusti Ayu dalam acara bersama IDAI, Selasa (23/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses atas Perpanjangan masa Jabatan Muhammad Iswanto sebagai Pj Bupati Aceh Besar dari Bank Aceh Syariah

Dokter I Gusti Ayu mengatakan menurut penelitian, adiksi internet, yang paling banyak adalah karena game online. Jadi itu salah satu faktor yang menyebabkan adiksi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Perbedaan Kebahagiaan dan Kepuasan Menurut Psikiater, Serupa tapi tak Sama

Untuk mendeteksi adiksi internet ini sebenarnya sudah ada kuisioner versi indonesia. Ketika sudah adiksi, anak umumnya hanya berpikir soal internet saja.

ADVERTISEMENTS
Selamat HUT Bhayangkara ke-78 tahun dari Bank Aceh Syariah 2024

“Anak bisa mulai kehilangan hobinya, lupa makan, bahkan lupa tidur karena pikirannya gawai terus. Ada topik khsuus soal adiksi,” lanjut dia.

ADVERTISEMENTS
Wifi Gratis untuk Rekening Baru di Bank Aceh Syariah

Di samping itu, dalam paparan materinya, dokter I Gusti Ayu mengatakan anak dan balita yang menonton atau mendapat paparan gawai lebih dari 20 menit setiap hari, mengalami level tantrum (66,3 persen). Tahapan pertama tantrum biasanya anak berteriak.

ADVERTISEMENTS
Bank Aceh Syariah Salurkan 212 Ekor Hewan Kurban kepada Warga Aceh 2024

Ketika anak tantrum, orang tua jangan berteriak. Jangan mudah menyerah dan malah tidak konsisten dengan aturan yang ditetapkan soal gawai dan tentu ortu perlu jadi teladan.

ADVERTISEMENTS
Sukseskan Hari Indonesia Menabung (HIM) dari Bank Aceh Syariah - 1 Juli 2024

“Ayahnya tidak boleh, Ibu tidak boleh, eh kakek neneknya boleh. Itu yang berbahaya. Yang dewasa dulu yang berubah. Ortu dulu baru anaknya berubah. Konsisten. Disiplin tetap jangan mudah berubah,” kata dia.

Berita Lainnya:
Makan Garam Berlebihan Tingkatkan Risiko Gagal Ginjal, Batas Maksimal 1 Sendok Teh

Tantrum pada usia empat tahun ke bawah umumnya bisa dikatakan normal, namun di atas usia itu perlu waspada tantrum abnormal. Tantrum yang normal biasanya hanya menangis, berteriak, menjatuhkan diri lantai tetapi kalau sudah menyakiti orang lain, perlu waspada tantrum abnormal. 

Cara menghadapi anak tantrum, kuncinya ada pada orang tua. Menurut dokter I Gusti Ayu, penanganan tantrum normal relatif gampang, sedangkan yang ada patologisnya perlu ditangani dengan terapi intervensi ke klinik tumbuh kembamh.

Terapi ini akan memperbaiki kemampuan bahasa, perilaku, maka tantrum anak akan berkurang. Sebab tantrum karena dia tidak mampu mengungkapkan apa yang diinginkan. 

Untuk tantrum abnormal, penanganannya perlu oleh dokter tumbuh kembang khusus dan multidisiplin. Durasi terapi tentu bisa berbeda. 

Tantrum pada masa kanak-kanak jika tidak segera ditangani, bisa berpengaruh ketika dewasa. Dikhawatirkan menjadi orang minim empati, kurang kesadaran bahkan gangguan tertentu.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
Bahagia itu Sederhana dari Bank Aceh Syariah


Reaksi & Komentar

قَالَ إِنَّكَ لَن تَسْتَطِيعَ مَعِيَ صَبْرًا الكهف [67] Listen
He said, "Indeed, with me you will never be able to have patience. Al-Kahf ( The Cave ) [67] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi