Selasa, 28/05/2024 - 11:08 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Ayah dan Anak Ini Temukan Fosil Reptil Laut Raksasa

Ichthyotitan severnensis diperkirakan punah pada akhir periode Trias.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

JAKARTA — Fosil tulang rahang yang ditemukan oleh seorang gadis Inggris dan ayahnya di sebuah pantai di Somerset, Inggris. Fosil tulang rahang itu adalah milik reptil laut raksasa yang berumur 202 juta tahun lalu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Dilansir Reuters, Senin (22/4/2024) reptil laut raksasa itu tampaknya merupakan salah satu hewan terbesar yang pernah ada di Bumi. 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Para peneliti mengatakan pada Rabu (17/4/202) bahwa tulang yang disebut surangular itu berasal dari sejenis reptil laut yang disebut ichthyosaurus. Berdasarkan dimensinya dibandingkan dengan tulang yang sama pada ichthyosaurus yang berkerabat dekat, para peneliti memperkirakan makhluk Periode Trias, yang mereka beri nama Ichthyotitan severnensis, memiliki panjang antara 72 dan 85 kaki atau  22 hingga 26 meter. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan
Berita Lainnya:
13 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir Lahar Dingin

Hal ini mungkin menjadikannya reptil laut terbesar yang diketahui dan akan menyaingi beberapa paus balin terbesar yang hidup saat ini.  Paus biru, yang dianggap sebagai hewan terbesar yang pernah ada di planet ini, panjangnya bisa mencapai sekitar 100 kaki atau  30 meter. 

Reptil laut menguasai lautan di dunia ketika dinosaurus mendominasi daratan. Ichthyosaurus, yang berevolusi dari nenek moyang terestrial dan berkembang selama sekitar 160 juta tahun sebelum menghilang sekitar 90 juta tahun yang lalu, muncul dalam berbagai ukuran dan bentuk, memakan ikan, kerabat cumi-cumi, dan reptil laut lainnya serta melahirkan anak-anaknya.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ichthyotitan hanya diketahui dari dua tulang rahang. Tulang rahang yang satu ditemukan oleh Ruby Reynolds dan ayahnya Justin Reynolds pada 2020 di Blue Anchor, Somerset. Satu lagi dari individu Ichthyotitan berbeda yang ditemukan pada 2016, di sepanjang pantai Somerset di Lilstock.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Lima Stasiun Pendeteksi Tsunami Diaktifkan Pascaerupsi Gunung Ruang

Dean Lomax, ahli paleontologi  yang berafiliasi dengan University of Manchester dan University of Bristol serta penulis utama studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS ONE, mengatakan sungguh luar biasa untuk berpikir bahwa ichthyosaurus raksasa seukuran paus biru berenang di lautan pada saat dinosaurus berjalan di daratan di wilayah yang sekarang disebut Inggris Raya (UK) selama Periode Trias.

ADVERTISEMENTS

Ruby Reynolds, yang saat itu berusia 11 tahun dan kini berusia 15 tahun, sedang berburu fosil di pantai bersama ayahnya ketika mereka melihat sepotong surangular.  Ruby terus mencari di area tersebut dan menemukan potongan kedua  sebagian terkubur di lereng lumpur.  Potongan kedua jauh lebih besar dari yang pertama. 

ADVERTISEMENTS

Mereka kemudian menghubungi….

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi