Sabtu, 04/05/2024 - 07:53 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Otorita: Penggunaan Material Hijau Menjadi Prioritas di Kawasan IKN

ADVERTISEMENTS

Pengunjung melihat pameran yang menampilkan IKN Nusantara.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyatakan penggunaan material hijau atau ramah lingkungan menjadi prioritas di kawasan IKN.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Penggunaan material hijau menjadi prioritas di kawasan IKN,” ujar Direktur Perencanaan Makro OIKN Agustomi Masik yang diwakili oleh Jabatan fungsional Perencana Ahli Madya Direktorat Perencanaan Makro Kedeputian Bidang Perencanaan dan Pertanahan OIKN Kartika Puspita Sari dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Senin (22/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Untuk efisiensi material dalam konstruksi hunian di IKN, lanjutnya, yakni pertama adalah pemilihan material berkelanjutan di mana pemilihan diutamakan pada bahan material ataupun lokasi material yang ada di sekitar untuk mengurangi jejak karbon. Terkait dengan efisiensi material ini juga yakni menggunakan modulasi struktural dan material, di mana penggunaan Modulasi Sistem akan memaksimalkan penggunaan material, melakukan penghematan waktu dan biaya dari sisi material konstruksi.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
OIKN: Kereta Bandara Hubungkan KIPP IKN dengan Bandara Sepinggan

Kemudian efisiensi material di IKN juga menerapkan pemanfaatan materi daur ulang. Dalam perencanaan pemeliharaan, pemeliharaan bangunan dari awal sudah direncanakan dengan baik dari sisi dukungan dalam operasional, kemudahan penggantian, serta perlindungan terhadap material yang rentan terhadap cuaca.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Berdasarkan Lampiran UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Rencana Induk IKN menyatakan bahwa visi pembangunan IKN dilandaskan pada salah satu kerangka besar yakni sebagai Cerdas, Hijau, Indah, dan Berkelanjutan di mana IKN sebagai sebuah kota yang mengelola sumber daya secara tepat guna dan memberikan layanan efektif melalui penggunaan air dan sumber daya energi yang efisien, pengolahan limbah berkelanjutan, moda transportasi terpadu, lingkungan yang sehat, serta lingkungan alami dan lingkungan terbangun yang sinergis.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Menteri PUPR Pindah ke IKN pada Juli 2024

Perencanaan IKN dilakukan dengan konsep kota hutan atau forest city guna memastikan ketahanan lingkungan dengan sekurang-kurangnya 50 persen kawasan hijau. Rencana IKN akan didukung oleh konsep Rencana Induk yang mumpuni dan memiliki risiko minimal terhadap ekologi alami yang telah ada, lingkungan terbangun, dan sistem sosial.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi