Jumat, 03/05/2024 - 22:57 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Tips Redakan Batuk dan Pilek pada Anak, Ini 5 Tindakan yang Perlu Dilakukan Orang Tua

ADVERTISEMENTS

JAKARTA — Kondisi anak yang mengalami batuk pilek (bapil) menjadi salah satu yang dikhawatirkan orang tua di dunia. Tak heran banyak orang tua mencari cara agar anak sembuh dengan meminum obat. Namun sebelum memberi anak obat, perlu juga memahami kandungan yang ada di dalamnya.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Spesialis anak dr Melia Yunita mengatakan, keluhan batuk pilek menjadi top 5 alasan pasien datang ke poli anak. Apalagi ketika isu polusi yang gencar beberapa waktu lalu, kasus terus bertambah. Orang tua juga harus paham bahwa kondisi anak dan orang dewasa tentu berbeda, jangan menganggap sama.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Saat ini, ada berbagai format sediaan obat yang dapat dipilih untuk mengobati anak yakni tablet, sirop, dan juga dry syrup. “Dry syrup ini inovasi baru. Kalau sirop sudah siap minum, kalau dry syrup ini dalam bentuk serbuk dan diencerkan sendiri,” kata dr Melia dalam peluncuran dry syrup Bodrexin di Jakarta, Senin (22/4/2024).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Kandungan yang ada di dalamnya seperti Guaifenesin dan Bromhexine adalah untuk mengencerkan dahak. Lalu Phenylephrine untuk melegakan napas. “Kalau beli obat yang mengandung beberapa bahan itu akan lebih memudahkan orang tua ya,” kata dia. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Mudik Bareng Anak dengan Kendaraan Umum, Ajari Ini Dulu Sebelum Berangkat

Dr Melia memaparkan lima hal yang harus dilakukan orang tua agar batuk, pilek, dan demam anak bisa segera turun:

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

1. Pastikan anak terhidrasi dengan cukup. Dengan minum yang cukup, ini dapat membantu menurunkan demam dan mengencerkan dahak. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

2. Makan makanan bergizi, perhatikan mikronutrien dan makronutrien, yang sudah sering dijelaskan para dokter.  

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

3. Prepare, jangan sampai ketika satu orang sakit, lalu seisi rumah jadi ketularan sakit. Jika susah menyuruh anak memakai masker, maka orangtua yang harus sadar pakai masker agar tidak ikutan tumbang.

4. Ajari PHBS atau perilaku hidup bersih dan sehat. Kalau habis dari luar rumah, langsung ajarkan untuk cuci kaki dan tangan. Buat kebiasaan ini menempel sejak usia di bawah lima tahun.

5. Jika sudah tahu anak sakit, istirahat di rumah, jangan malah diajak main apalagi main ke tempat-tempat ramai.

Mantan penyanyi cilik Tasya Kamila, menceritakan pengalamannya dalam mengurus anak saat sedang batuk pilek (bapil) dan demam. Ia mengaku selalu siap sedia obat yang sudah teruji oleh BPOM di rumah, dan kini ia mulai menyediakan dry syrup.

“Kalau anak sakit, flu batuk pasti aktivitas terganggu, sekolah terganggu, main terganggu, muka nggak ceria. Aku lebih ke preventif, jadi sebelum anak sakit pastikan kita ajak anak mengonsumsi makanan bergizi,” ucap Tasya.

Berita Lainnya:
Pertama di Dunia: Ibu Asal AS Pasang Alat Pompa Jantung, Jalani Transplantasi Ginjal Babi

Apa itu dry syrup? Dry Syrup Bodrexin dari PT Tempo Scan menjadi yang pertama di Indonesia, untuk menyiasati bahan-bahan yang tidak stabil terhadap air dalam jangka waktu lama namun perlu dibuat dalam bentuk sediaan cair (sirop) agar obat lebih mudah diberikan pada anak.

Dry syrup dapat dilarutkan sendiri oleh orang di rumah dengan cara 3T. 3T yang dimaksud yakni tambahkan air matang hingga tanda batas, tutup botol rapat-rapat dan kocok hingga tercampur dengan sempurna (homogen), serta tunggu dan diamkan sejenak.  

Jika setelah didiamkan permukaan sirop turun, tambahkan air hingga tanda batas (60 ml) dan kocok kembali hingga merata. Dengan melarutkan sendiri di rumah, obat bapil jadi bebas dari pelarut tambahan, tidak mengandung pelarut Propilen Glikol, Polietilen Glikol, Sorbitol, atau Gliserin Glisero.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi