Selasa, 28/05/2024 - 09:31 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Kemenhub Berupaya Tingkatkan Kualitas Keselamatan Angkutan Penyeberangan

Suasana pembukaan Bimbingan Teknis Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) bidang Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (LLASDP) di Kota Bekasi, Senin (6/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

JAKARTA — Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan berupaya meningkatkan kualitas dan kompetensi sarana transportasi. Hal itu dilakukan demi terciptanya sumber daya manusia (SDM) untuk mewujudkan angkutan penyeberangan yang berkeselamatan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

“Salah satu yang kami lakukan dengan menggelar Bimbingan Teknis Penyidik Pegawai Negeri Sipil atau PPNS Bidang Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan atau LLASDP,” kata Direktur Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub Lilik Handoyo saat membuka Bimbingan Teknis PPNS di Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/5/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak
Berita Lainnya:
Komisi I DPR Benarkan Adanya Pihak yang Ingin Pers Dikontrol Seperti Orba

Baca: Prajurit Lantamal VI/Makassar Tembak Dua Warga, Satu Tewas

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Lilik menyampaikan penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) bidang transportasi sungai danau dan penyeberangan mempunyai fungsi utama dalam sektor perhubungan yaitu penegakan hukum. Mereka dididik untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan transportasi sungai, danau dan penyeberangan.

Menurut dia, PPNS bidang transportasi sungai danau dan penyeberangan sangat penting dalam menjaga operasional yang tertib hukum dan menciptakan pelayaran berlandaskan keselamatan dan keamanan. “Melalui bimtek ini, para PPNS bidang LLASDP diharapkan dapat melaksanakan penegakan hukum kepada para operator kapal sungai, danau dan penyeberangan agar terciptanya patuh hukum dengan berlandaskan amanat Undang-Undang Pelayaran,” ujar Lilik.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Lilik menerangkan, PPNS memang bertugas melakukan penyidikan tindak pidana tertentu. Biasanya tindak pidana tersebut bukan tindak pidana umum yang biasa ditangani oleh penyidik kepolisian. Di dalamnya tentu, termasuk masalah transportasi darat.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
PAN Ungkap Alasan Siapkan Eko Patrio Jadi Menteri Kabinet Prabowo-Gibran, Sebut soal Prestasi

Kepala Subdirektorat Pengawasan Operasional Sungai, Danau, dan Penyeberangan Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, Bintang Novi berharap diadakannya bimtek dapat memberikan manfaat bagi PPNS di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat ,khususnya Balai Pengelola Transportasi darat (BPTD).

ADVERTISEMENTS

Menurut Bintang, hal itu sesuai fungsi pelaksana teknis di lapangan sehingga mampu melakukan penegakan hukum dalam rangka meningkatkan keselamatan dan keamanan pelayaran transportasi sungai, danau dan penyeberangan. “Kegiatan bimtek kali ini diikuti oleh kurang lebih 40 peserta yang berasal dari Balai Pengelola Transportasi Darat seluruh Indonesia dan KSOPP Danau Toba,” kata Bintang.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi