Senin, 20/05/2024 - 00:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Seperti Apa Rasanya Masuk ke Lubang Hitam? Simulasi NASA Ini Jawabannya

 JAKARTA — Lubang hitam merupakan salah satu objek kosmik misterius yang selalu menarik perhatian banyak orang di bumi. Bahkan, banyak orang mungkin pernah berandai-andai bisa pergi ke lubang hitam dan menyelaminya.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Meski pergi ke lubang hitam adalah hal yang mustahil untuk dilakukan saat ini, orang-orang bisa merasakan pengalaman menyelami lubang hitam secara daring melalui sebuah simulasi yang diunggah oleh NASA. Simulasi dengan visualisasi yang luar biasa ini bisa diakses secara gratis melalui kanal YouTube NASA Goddard dengan tautan berikut ini: https://youtu.be/chhcwk4-esM?feature=shared.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Di awal video, penonton akan dibawa untuk “terbang” mendekati sebuah lubang hitam supermasif. Setelah itu, penonton akan dibawa untuk mengorbit lubang hitam tersebut dan melewati event horizon atau sebuah titik tanpa jalan kembali.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS
Berita Lainnya:
13 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir Lahar Dingin

Selain bisa ditonton secara konvensional seperti video edukasi biasa, video simulasi ini juga bisa ditonton sebagai video 360 derajat. Dalam mode video 360 derajat, penonton bisa memposisikan diri mereka berada di tengah-tengah lubang hitam.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Orang-orang sering bertanya mengenai ini, dan mensimulasikan proses yang sulit untuk digambarkan ini membantu saya menghubungkan relativitas matematika dengan konsekuensi aktual di alam semesta yang nyata,” jelas ahli astrofisika NASA sekaligus pembuat video visualisasi lubang hitam, Jeremy Schnittman, seperti dilansir CBS News pada Rabu (8/5/2024).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Schnittman menyatakan bahwa dirinya membuat simulasi lubang hitam dengan dua skenario yang berbeda. Skenario yang pertama adalah penonton tidak dibawa melewati event horizon dan kembali, sedangkan yang kedua penonton dibawa melewati batas event horizon dan tenggelam dalam ketiadaan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Ayah dan Anak Ini Temukan Fosil Reptil Laut Raksasa

Lubang hitam supermasif yang digunakan dalam simulasi ini memiliki massa 4,3 juta kali lebih besar dibandingkan massa matahari. Ukuran lubang hitam ini setara dengan lubang hitam yang ada di pusat galaksi Bima Sakti tempat Tata Surya dan bumi bernaung. Sedangkan event horizon pada lubang hitam ini memiliki lebar sekitar 16 juta mil atau 25,75 juta kilometer.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Yang tak kalah menarik….

ADVERTISEMENTS

 

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi