Selasa, 21/05/2024 - 01:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Kemenperin Dorong Industri Perhiasan Indonesia Berdaya Saing Global

Karyawan melayani jual beli emas perhiasan di sebuah toko emas di Pasar Kebayoran, Jakarta, Rabu (17/4/2024).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong industri perhiasan dan barang berharga dalam negeri untuk dapat memiliki daya saing global. Sebab, industri perhiasan dan barang berharga punya peluang besar seiring dengan tren penggunaan barang mewah.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita mengatakan, Indonesia memiliki prospek bisnis yang besar dalam mengembangkan industri ini.

Pelaku industri perhiasan dalam negeri memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi. Mereka mampu menghasilkan beragam produk perhiasan sesuai tren, dan selera pasar yang sedang berkembang.

Berita Lainnya:
Kementerian ESDM Tingkatkan Kebijakan demi Tarik Minat Investor Migas

“Selain itu, desain perhiasan yang dihasilkan perajin lokal juga semakin beragam, yakni cenderung lebih minimalis, namun tetap fungsional sesuai dengan permintaan pasar,” ujar Reni dilansir ANTARA beberapa waktu lalu.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Ia mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut, Kemenperin melaksanakan berbagai program pengembangan industri perhiasan di Tanah Air.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Salah satunya dengan cara memfasilitasi pelaku industri untuk turut berpartisipasi dalam pameran berskala internasional. Pameran dapat menjadi kesempatan yang baik untuk mempromosikan produk perhiasan, produk pendukung lainnya, serta membuka peluang kerja sama antar pelaku industri di sektor tersebut.

Berita Lainnya:
Dukung Kuliner Indonesia, BRI Jadi Sponsor Utama Exquisite’s Best Restaurants & Bars 2024

Selain itu, ia menyampaikan kinerja ekspor industri perhiasan nasional cukup signifikan. Kinerja industri ini menjadi salah satu kontributor yang penting terhadap penerimaan devisa negara.

ADVERTISEMENTS

Kemenperin mencatat nilai ekspor barang perhiasan dan barang berharga Indonesia menembus 547,5 juta dolar AS pada Desember 2023, atau meningkat 67,7 persen secara tahunan (yoy), dibandingkan capaian pada Desember 2022 sebanyak 326 juta dolar AS. “Peningkatan ini menunjukkan bahwa sektor industri perhiasan Indonesia memiliki peluang untuk terus tumbuh dan berkembang di pasar internasional,” kata Reni.

ADVERTISEMENTS

 

sumber : ANTARA

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi