Selasa, 21/05/2024 - 01:44 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Metode Perawatan Kulit Telapak Tangan Agar Lembap dan tak Kasar

Telapak tangan (ilustrasi). Terdapat beberapa cara agar kulit telapak tangan Anda lembap dan tak kasar.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

JAKARTA — Dalam era tren kecantikan yang terus berkembang, sering kali kita mencoba berbagai produk dan teknik terbaru untuk merawat kulit. Namun, terkadang jawaban terbaik mungkin berasal dari metode klasik orang tua, bahkan nenek kita. Ada satu rahasia kuno yang masih menjadi andalan untuk merawat tangan yaitu sarung tangan katun.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Menurut para ahli dermatologi, kulit tangan membutuhkan perawatan ekstra karena sering terpapar dengan cuaca, pencucian tangan, dan penggunaan pembersih tangan. Kekeringan kulit tangan dapat menjadi masalah, terutama karena kurangnya kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum untuk melumasi kulit.

“Faktor utama penyebab tangan mudah kering adalah kurangnya kelenjar sebaceous,” kata seorang dokter kulit, Regine Mathieu, dilansir Huffpost, Jumat (10/5/2024).

Berita Lainnya:
Tanda Kulit Menua dengan Baik, Biasanya Punya 5 Ciri Ini

Mengenakan sarung tangan katun selama tidur membantu memaksimalkan efektivitas pelembap atau emolien. Ini memungkinkan pelembap meresap lebih dalam ke dalam kulit, sementara sarung tangan memberikan oklusi yang membantu pelembap tetap menempel dan mendorong penetrasi yang lebih dalam.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

“Ini bisa menjadi teknik yang berguna bagi mereka yang memiliki kondisi kulit seperti eksim, serta bagi orang yang ingin meningkatkan hidrasi dan kelembutan kulit,” ujar kata dokter kulit, Carolyn Stull.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Namun, tidak semua sarung tangan cocok digunakan untuk perawatan ini. Sarung tangan katun putih polos adalah pilihan terbaik, dan sebaiknya dicuci secara teratur untuk menghindari penumpukan bakteri. Mengenai pelembap, dokter kulit merekomendasikan formula kental yang mengandung bahan-bahan seperti petrolatum, shea butter, atau asam hialuronat.

Berita Lainnya:
Tips Tidur Malam Nyaman Meski Suhu Panas

Proses penggunaannya cukup sederhana. Setelah mencuci tangan dan mengeringkannya, oleskan pelembap kental secara merata dan kenakan sarung tangan sebelum tidur. Ini membantu menjaga kelembapan kulit, mencegah terbentuknya bintil kuku, dan meningkatkan kesehatan kutikula.

ADVERTISEMENTS

Meskipun praktik ini efektif, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pastikan produk yang digunakan tidak menyebabkan iritasi atau alergi, dan hindari penggunaan retinol atau retinoid bersamaan dengan oklusi, karena dapat menyebabkan iritasi kulit. Konsultasikan dengan dokter kulit jika Anda memiliki kondisi kulit yang mendasarinya atau mengalami masalah kulit yang kronis.

ADVERTISEMENTS

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi