Senin, 20/05/2024 - 20:39 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Teleskop James Webb Ukur Cahaya Bintang di Sekitar Lubang Hitam Tertua di Alam Semesta 

JAKARTA — Para astronom untuk pertama kalinya melihat cahaya bintang purba yang bersinar di sekitar para lubang hitam terbesar, paling terang, dan tertua di alam semesta. Mereka melihat cahaya tersebut dengan menggunakan Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST). 

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Dilansir Live Science, Jumat (10/5/2024), quasar-quasar, inti galaksi yang berisi para lubang hitam supermasif aktif, adalah salah satu benda paling kuno di alam semesta. Saat debu dan gas berakselerasi menuju pusat lubang hitam quasar, quasar memancarkan radiasi yang sangat terang, biasanya seribu kali lebih terang dari keseluruhan Bima Sakti, sehingga para astronom kesulitan mengamati cahaya redup bintang-bintang di galaksi quasar. Hal ini menjadikannya tantangan untuk mempelajari bentuk dan massa galaksi. 

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Namun untuk pertama kalinya, para peneliti di MIT berhasil mengungkap campuran sinyal ini dan mendeteksi cahaya bintang redup dari bintang-bintang di galaksi di sekitar beberapa quasar tertua di alam semesta. Hasilnya, yang diterbitkan pada 6 Mei di The Astrophysical Journal, mengungkapkan bahwa, dibandingkan dengan galaksi-galaksi induknya, lubang hitam supermasif purba ini berukuran sekitar 100 kali lebih besar dibandingkan lubang hitam di alam semesta terdekat. 

Berita Lainnya:
Astronom Deteksi Lubang Hitam Terbesar Kedua di Bima Sakti

Hasil-hasil ini dimungkinkan berkat ketajaman dan resolusi JWST yang unggul. Selama 120 jam waktu teleskop, tim mengamati enam quasar, semuanya diperkirakan berusia sekitar 13 miliar tahun, beberapa objek tertua di alam semesta. 

“Quasar mengungguli galaksi induknya berdasarkan urutan besarnya,” kata penulis utama studi Minghao Yue, seorang sarjana postdoctoral di Massachusetts Institute of Technology (MIT), dalam sebuah pernyataan. “Dan gambar-gambar sebelumnya tidak cukup tajam untuk membedakan seperti apa galaksi induknya dengan semua bintang-bintangnya.” 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Dengan menggunakan data yang lebih baik dari JWST, tim berhasil mengurai sinyal-sinyal di galaksi-galaksi kuno ini dengan memodelkan mana cahaya yang tampaknya berasal dari sumber titik (quasar) dan cahaya mana yang tampaknya berasal dari sumber yang lebih tersebar (bintang-bintang di sekitarnya). Dengan kecerahan relatif yang ada, tim kemudian memperkirakan massa setiap quasar dan galaksi induknya. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Pencinta Air Ciliwung Berharap World Water Forum ke-10 Jadi Solusi Perubahan Iklim

Mereka menghitung bahwa rasio massa rata-rata quasar terhadap galaksi adalah 1:10, dibandingkan dengan 1:1.000 untuk  para lubang hitam supermasif muda di alam semesta terdekat. Namun penjelasan mengapa para lubang hitam purba ini begitu besar masih belum jelas. 

“Salah satu pertanyaan besarnya adalah memahami bagaimana para lubang hitam monster itu bisa tumbuh begitu besar dan begitu cepat,” kata Yue. 

ADVERTISEMENTS

Lubang hitam standar terbentuk ketika….

ADVERTISEMENTS

 

 

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi