Senin, 17/06/2024 - 04:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

‘Comfort Food Memoir’, Kisah Makanan Yang Menenangkan Beserta Resepnya

JAKARTA—  Comfort food atau makanan yang menenangkan ketika disantap, diartikan sebagai “makanan yang disajikan secara tradisional dan memunculkan sensasi keakraban, serasa di rumah bersama keluarga, memunculkan sentuhan nostalgia.

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Selain kenangan masa lalu, sensasi rasa ketika melahap comfort food meningkat dengan memori kebersamaan, kehangatan, dan kenikmatan. Buku Comfort Food Memoirs menggali pengalaman emosional para penulisnya.  

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Melalui buku “Comfort Food Memoirs: Kisah Makanan yang Menenangkan Beserta Resepnya,” sebagai kerja sama antara Omar Niode Foundation dan Penerbit Diomedia, sebanyak 65 penulis lintas profesi mengajak pembaca menjelajahi tapestri kuliner yang kaya rasa dan memori. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah

Omar Niode Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, citra budaya, dan kuliner nusantara, menyelenggarakan bedah buku, talk show, dan food tasting terkait dengan comfort food pada Kamis (23/5/2024) bertempat di auditorium Gerakan Bhenika Nasionalis, Jakarta.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Buku tersebut di bedah oleh Amanda Katlii, editor buku sekaligus, ketua Omar Niode Foundation, dan Shri Yogi Lestari salah satu penulis dalam buku bunga rampai tersebut cum Founder Sasthi Svara foundation. Dipandu oleh Budayawan Erros Djarot, penyumbang tulisan ‘Tiga menu Favorit dalam Hidupku’ di dalam buku tersebut.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh
Berita Lainnya:
AS: Israel Harus Singkirkan Semua Penghalang Bantuan Kemanusiaan

Semuanya adalah perjalanan gastronomi yang memikat dan menyentuh hati melalui resep-resep yang menjadi saksi bisu momen indah dan mengharukan dari Kepulauan Nusantara.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh

Beberapa judul yang menarik, antara lain: Gulai Lezat Berkat Daun Taya dan Tempoyak yang ditulis oleh DR Alue Dohong, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kentang Gepuk Penuh-Kasih Tante Cotje dari penulis, dan praktisi media Debra H Yatim, Bretang Kenari Penawar Rindu Banda Neira oleh pelaku usaha wisata bahari, Rani Hernanda, dan Tiga Menu Favorit Dalam Hidupku, kisah dari budayawan Erros Djarot. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Shri Yogi Lestari melalui tulisannya Kini Kami adalah Ibu berbagi pandangannya. “Makanan menjadi ruang untuk menyelami kembali ingatan masa kecil kami bersama orang-orang yang kami cinta. Pesan mama yang selalu kami ingat ‘kesegaran adalah kunci dari nutrisi penjaga jasmani’. pesan itu menjadi bekal kami untuk anak-anak kami saat ini,” ujar Shri Yogi Lestari.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Berkaitan dengan itu, Chef Ragil Imam Wibowo sebagai pemilik Nusa Indonesian Gastronomy mengutarakan bahwa makanan menjadi salah satu instrumen untuk mengobati rindu pada ibunda yang sudah tidak bersamanya lagi. Di balik makanan yang tersaji ada sebuah romantika yang kembali.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK
Berita Lainnya:
Polda Jawa Barat Sebut DPO Kasus Vina Cirebon Hanya 1, Sedangkan 2 DPO Lain Fiktif, Susno Duadji: Merusak Citra Polri

Ketua Omar Niode Foundation, yang juga editor buku, Amanda Katili Niode PhD mengatakan pihaknya sangat menghargai usaha para penulis untuk menggali memori tentang comfort food, mereka berbagi resep keluarga, serta dimensi emosional dari makanan itu.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

“Seperti proses ketika memasaknya, dan juga saat mengonsumsinya. Semua merupakan ilustrasi keanekaragaman pangan dan kuliner Kepulauan Nusantara, termasuk bumbu dan rempahnya. Ada berita baik, buku itu masuk dalam 4 peringkat teratas pada Gourmand World Cookbook Awards 2023 untuk dua kategori, yaitu Foreword dan juga Food Writing, yang pemenangnya telah diumumkan di Riyadh, Arab Saudi pada akhir November,” kata Amanda.

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

Hadir pada acara peluncuran buku, talk show, demo masak, dan food tasting, yang dipandu oleh penulis Pangesti Boedhiman adalah para kontributor artikel, serta pemerhati dan pegiat pertanian, pangan, dan kuliner.

Buku “Comfort Food Memoir. Kisah Makanan Yang Menenangkan Beserta Resepnya” yang dapat di unduh dari link bit.ly/comfortfoodbook memperoleh sambutan khusus dari Utusan Khusus Presiden RI Bidang Kerja Sama Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan; Founder & Executive Director, World Food Travel Association; serta Founder & President, Gourmand World Cookbook Awards.

sumber : Antara

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ الْجِبَالَ وَتَرَى الْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَاهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا الكهف [47] Listen
And [warn of] the Day when We will remove the mountains and you will see the earth prominent, and We will gather them and not leave behind from them anyone. Al-Kahf ( The Cave ) [47] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi