Senin, 17/06/2024 - 06:41 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Pesawat Ruang Angkasa Psyche yang Terikat Asteroid Menembakkan Pendorong Ion

JAKARTA — Misi NASA ke asteroid 16 Psyche yang kaya logam telah menyalakan mesin-mesin ionnya dan kini melintasi tata surya dengan tenaga penggerak listrik tenaga surya. Peluncuran pesawat ruang angkasa, yang juga disebut Psyche, pada 13 Oktober 2023 memberikan dorongan awal yang cukup untuk membawanya melintasi lebih dari 300 juta kilometer ruang angkasa, yang berada di luar orbit Mars. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Namun sekarang, mesin ion yang ada di dalamnya telah mengambil alih tugas akselerasi. Dilansir Space, Jumat (24/5/2024), mereka bekerja dengan mengubah sinar matahari menjadi listrik melalui susunan surya pesawat ruang angkasa yang membentuk “sayap”-nya. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

Arus listrik yang dihasilkan menggerakkan medan elektromagnetik yang mempercepat dan mengeluarkan ion, yang merupakan partikel bermuatan, dari gas xenon. Saat ion-ion tersebut dipercepat keluar dari empat pendorong, menciptakan cahaya biru yang menakutkan, ion-ion tersebut memberikan momentum pada pesawat ruang angkasa, mendorongnya ke arah yang berlawanan. 

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Astronom Amatir Menemukan Lima Galaksi Baru

Gaya yang diberikan oleh ion-ion yang dikeluarkan kecil; setiap pendorong memberikan tekanan yang setara dengan tiga koin yang ditekan ke tangan Anda karena gaya gravitasi. Namun, tanpa adanya gesekan atmosfer di ruang angkasa, gaya dorong lembut ini dapat terakumulasi, dengan cepat terakumulasi untuk mempercepat pesawat ruang angkasa dengan kecepatan yang semakin tinggi. 

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Psyche saat ini melaju di luar angkasa dengan kecepatan 135.000 kilometer per jam, dan tujuannya adalah untuk mencapai kecepatan hingga 200.000 kilometer per jam. 

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

Mesin-mesin ion pesawat ruang angkasa saat ini menyala hampir terus-menerus dan membawanya ke depan, namun sebagai bagian dari perjalanan Psyche menuju asteroidnya, ia akan berputar kembali dan bertemu Mars pada Mei 2026. Saat mendekati Mars, Psyche akan mematikan mesin ionnya dan membiarkan dirinya terperangkap dalam gravitasi Planet Merah dan terbang mengelilingi planet ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Perubahan Iklim Ancam Keanekaragaman Hayati Laut

Setelah bantuan gravitasi ini, mesin ion akan menyala kembali dan perhentian pesawat ruang angkasa berikutnya adalah asteroid 16 Psyche pada  2029, yang akan mengorbit setidaknya selama dua tahun. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Asteroid 16 Psyche menarik perhatian para ilmuwan karena merupakan pecahan inti logam planet purba berukuran besar dengan lebar 280 kilometer yang tersisa dari periode pembentukan planet tata surya kita, sekitar 4,5 miliar bertahun-tahun lalu. Dengan mempelajari 16 Psyche, para ilmuwan planet berharap dapat menemukan lebih banyak tentang interior planet berbatu seperti Bumi, serta bagaimana dunia ini terbentuk.

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Pesawat luar angkasa Psyche tidak….

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

وَرَبُّكَ الْغَفُورُ ذُو الرَّحْمَةِ ۖ لَوْ يُؤَاخِذُهُم بِمَا كَسَبُوا لَعَجَّلَ لَهُمُ الْعَذَابَ ۚ بَل لَّهُم مَّوْعِدٌ لَّن يَجِدُوا مِن دُونِهِ مَوْئِلًا الكهف [58] Listen
And your Lord is the Forgiving, full of mercy. If He were to impose blame upon them for what they earned, He would have hastened for them the punishment. Rather, for them is an appointment from which they will never find an escape. Al-Kahf ( The Cave ) [58] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi