Minggu, 16/06/2024 - 10:37 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LINGKUNGAN

Astronom Amatir Menemukan Lima Galaksi Baru

 JAKARTA — Seorang astronom amatir dari Italia telah menemukan lima galaksi katai baru di sekitar galaksi spiral jauh, sebuah galaksi spiral yang merupakan salah satu galaksi terbesar di langit di atas Bumi. Adalah astronom Giuseppe Donatiello, dan kelima galaksi katai tersebut kini diberi nama Donatiello V, Donatiello VI, Donatiello VII, Donatiello VIII, dan Donatiello IX (Do V, Do VI, Do VII, Do VIII, dan Do IX).

ADVERTISEMENTS
Selamat Hari Raya Idul Adha 1445 H dari Bank Aceh Syariah

“Dari 11 penemuan, sembilan galaksi menggunakan nama saya. Sepengetahuan saya, saya adalah astronom amatir pertama dan satu-satunya yang menamai galaksi dengan nama saya sendiri,” kata Donatiello, dilansir Space, Jumat (24/5/2024).

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses atas Dilantiknya Daddi Peryoga sebagai Kepala OJK Provinsi Aceh

“Semuanya dimulai dengan penemuan pertama pada 2016, dalam astrofotograf saya, saya menemukan apa yang kita sebut Donatiello I. Meskipun ini adalah praktik yang tidak biasa, galaksi baru tersebut diberi nama dengan nama saya, dan itu merupakan kebahagiaan yang luar biasa,” ucap dia lagi.

ADVERTISEMENTS
Menuju Haji Mabrur dengan Tabungan Sahara Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Perubahan Iklim Ancam Keanekaragaman Hayati Laut

Galaksi satelit yang baru ditemukan ini bergabung dengan tiga galaksi kerdil sebelumnya yang ditemukan Donatiello di sekitar galaksi Sculptor, yang secara resmi dikenal sebagai NGC 253, dan dalam banyak hal, galaksi-galaksi ini menarik karena alasan selain nomenklaturnya.

ADVERTISEMENTS
ActionLink Hadir Lebih dekat dengan Anda

Galaksi-galaksi kecil yang sangat redup seperti ini, yang berjarak rata-rata 11,5 juta tahun cahaya dari Bumi, tidak hanya sulit dideteksi, namun galaksi-galaksi ini juga dapat membantu para astronom mempelajari bintang-bintang tertua di alam semesta kita, membedah sifat dan distribusi materi gelap, dan mungkin bahkan berdampak pada model kosmologi saat ini.

ADVERTISEMENTS
Selamat & Sukses kepada Pemerintah Aceh

“Secara umum, galaksi katai adalah objek yang menunjukkan luminositas sangat rendah. Cukuplah dikatakan bahwa banyak satelit Bima Sakti sulit dideteksi karena mereka tersamarkan dengan baik di bidang bintang,” kata Donatiello.

ADVERTISEMENTS
Selamat Menunaikan Ibadah Haji bagi Para Calon Jamaah Haji Provinsi Aceh
Berita Lainnya:
Misi Kru Pertama Starliner Diundur Lagi Tanpa Kepastian Tanggal

“Hal itu menjadi semakin sulit bagi galaksi eksternal. Hanya dengan ukuran beberapa megaparsec (satu megaparsec sama dengan sekitar 3,3 juta tahun cahaya), galaksi kerdil yang paling redup telah menghilang ke latar belakang langit,” papar dia lagi.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses atas Pelantikan Pejabat di Pemerintah Aceh

Oleh karena itu, setiap penemuan baru adalah penting, dalam rangka sensus dan untuk pengetahuan yang lebih baik tentang sistem alam semesta dan evolusinya. Di mana semua galaksi katai berada?

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2024

Bima Sakti memiliki galaksi….

ADVERTISEMENTS
ADVERTISEMENTS
Selamat dan Sukses kepada Pemerintah Aceh atas Capai WTP BPK

 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

 

ADVERTISEMENTS
Bayar Jalan tol dengan Pencard

 

 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

قَالُوا يَا ذَا الْقَرْنَيْنِ إِنَّ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ مُفْسِدُونَ فِي الْأَرْضِ فَهَلْ نَجْعَلُ لَكَ خَرْجًا عَلَىٰ أَن تَجْعَلَ بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ سَدًّا الكهف [94] Listen
They said, "O Dhul-Qarnayn, indeed Gog and Magog are [great] corrupters in the land. So may we assign for you an expenditure that you might make between us and them a barrier?" Al-Kahf ( The Cave ) [94] Listen

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi