Sabtu, 04/05/2024 - 07:40 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Hasil Survei Menunjukkan Elektabilitas Erick Thohir Mulai Melesat

ADVERTISEMENTS

Erick kini bertengger di posisi enam dalam peta elektabilitas capres 2024.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Nama Erick Thohir mulai dijagokan sebagai kandidat calon presiden menyusul tren elektabilitas terus meningkat. Hasil survei terbaru Indikator Politik terhadap 19 nama kandidat capres potensial, menunjukkan elektabilitas Erick Thohir telah masuk di kisaran 2 persen. Angka ini melesat cukup singnifikan dibandingkan hasil survei terakhir Indikator pada awal April yang menunjukkan elektabilitas Erick di angka 1,2 persen. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Angka elektabilitas Erick menyamai Sandiaga Uno yang juga berada di kisaran 2,4 persen. Tren elektabilitas yang naik hampir 100 persen dalam tempo sebulan ini dinilai menjadi sinyal kuat peluang Erick untuk melenggang pada Pilpres 2024. 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Erick bahkan kini masuk dalam kisaran enam besar dalam kontestasi Capres 2024. Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia menjelaskan ada pergerakan yang signifikan terkait elektabilitas Erick dan Sandi yang kini berada di level yang sama.  “Sandiaga dan Erick Thohir sama-sama 2,4 persen. Mas Sandi pernah jadi cawapres tapi kini tren elektabilitasnya turun. Sebaliknya Erick semakin meningkat,” ujar Burhan saat memaparkan hasil survei bertajuk Evaluasi Publik atas Kinerja Pemerintah, Prospek Partai Politik dan Calon Presiden 2024 secara virtual, Selasa (26/4/2022). 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Respons Tak Nyaman Partai Pendukung Prabowo-Gibran saat Partai Lawan Mulai Ketuk Pintu Masuk Koalisi


Burhan menjelaskan, potensi elektabilitas Erick Thohir untuk semakin melesat masih terbuka lebar. Pasalnya Erick masih punya ruang cukup besar untuk meningkatkan popularitasnya. Sebaliknya, banyak tokoh yang ruang popularitas sudah pada titik maksimal, sehingga sulit mengharapkan kenaikan elektabilitas dari sisi popularitasnya.  

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Menurut Burhan, selain variabel popularitas, variabel tingkat kesukaan juga sangat menentukan elektabilitas calon. Dalam kasus Erick, Burhan melihat potensi kenaikan popularitas dan kesukaan publik masih sangat mungkin terjadi dalam hitungan bulan. Sebab Erick baru dikenal oleh sekitar 53 persen pemilih. Itu artinya masih ada ruang sekitar 47 persen masyarakat lain yang bisa dibidik Erick untuk meningkatkan popularitasnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Budiman Sudjatmiko: Penyusunan Kabinet Masih Dibahas dalam Diskusi Informal


“Sedangkan Erick meningkat elektabilitasnya dari 1,3 persen menjadi 2,4 persen juga tidak terlepas faktor pupularitasnya yang meningkat. Jika selumnya popularitas Erick 44 persen, kini berada di kisaran 54 persen. Dari persentase popularitas itu, sebanyak 75 persen di antaranya mengaku suka dengan figur Erick,” ujar Burhan. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Dengan angka 2,4 persen, Erick kini bertengger di posisi enam dalam peta elektabilitas Capres 2024. Di atas Erick ada nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ridwan Kamil.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi