Sabtu, 04/05/2024 - 18:04 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Merasa BAB tidak Tuntas? Mungkin Kondisi Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENTS

Sebagian orang pernah merasakan buang air besar (BAB) yang tidak tuntas.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Ketika selesai buang air besar (BAB), pernahkah Anda mengalami perasaan belum tuntas? Jika ya, mungkin merupakan pertanda dari suatu kondisi yang disebut tenesmus.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Tenesmus tidak hanya mengganggu dan tidak nyaman. Ini sering menunjukkan masalah kolorektal yang mendasarinya seperti penyakit inflamasi usus (IBD) yang tidak dikelola dengan baik. Inilah yang harus Anda ketahui tentang kondisinya, ditambah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk mengendalikan perjalanan kamar mandi Anda.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Apa itu Tenesmus? Tenesmus adalah nama yang digunakan dokter untuk menggambarkan sensasi kebutuhan BAB saat usus Anda kosong. Itu mungkin terdengar seperti sembelit, di mana Anda harus buang air besar tetapi tinja terlalu keras, keras atau kering untuk dikeluarkan. Keduanya sebenarnya sangat berbeda.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh


“Tenesmus itu adalah dorongan atau perasaan Anda perlu buang air besar, tetapi tidak ada tinja atau isinya untuk dievakuasi,” jelas Adam Faye, MD, seorang ahli gastroenterologi di Pusat Penyakit Inflamasi Usus di NYU Langone Health seperti dilansir dari laman Live Strong, Kamis (28/4/2022).

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Pj Wali Kota Banda Aceh Serahkan LKP 2023 ke DPRK


“Sensasi ini seringkali bisa sangat tidak nyaman dan mengharuskan sering ke kamar mandi dalam upaya untuk mengungsi,” kata Faye.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


“Gejala yang paling umum adalah sering memiliki dorongan kuat untuk BAB, tapi ketika Anda mencoba, tidak ada (atau sangat sedikit) yang benar-benar keluar,” ujar Siamik Tabib, MD, ahli gastroenterologi, ahli hepatologi dan asisten profesor kedokteran di University of California Los Angeles.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Dalam beberapa kasus, perasaan ingin BAB hampir konstan dan menyebabkan kram dan nyeri perut, menurut Institut Nasional Diabetes dan Penyakit Pencernaan dan Ginjal (NIDDK). Singkatnya, tanda-tandanya meliputi sering merasakan kebutuhan mendesak untuk buang air besar, sering buang air besar hanya sedikit, ketidaknyamanan saat buang air besar serta merasa seolah-olah Anda tidak bisa mengosongkan isi perut Anda sepenuhnya, atau tidak merasa kosong setelah buang air besar.


Paling sering, tenesmus terjadi bersamaan dengan penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa atau penyakit Crohn. 


“Rektum adalah reservoir untuk menahan tinja, dan ketika meradang, kemampuannya untuk melakukannya berkurang,” ujar Dr Faye.


“Ini dapat menyebabkan kontraksi otot dalam upaya untuk mengevakuasi konten apa pun yang mungkin ada,” tambah Faye.

Berita Lainnya:
Warga Blang Kolak 1 Takengon Meriahkan Malam Idul Fitri dengan Takbir Keliling dan Pawai Obor


IBD bukan satu-satunya kemungkinan penyebab. “Kondisi lain yang menyebabkan peradangan atau iritasi pada area rektum juga dapat menyebabkan tenesmus,” ujar Dr. Faye.


Menurut National Institutes of Health (NIH), ini dapat mencakup abses anorektal, kanker atau tumor kolorektal, infeksi usus besar, peradangan usus besar atau dubur akibat radiasi dan gangguan gerakan atau motilitas usus. Jika Anda merasa ingin BAB sepanjang waktu, perawatannya akan tergantung pada penyebab yang mendasarinya. 


“Karena peradangan rektum sering mendorong sensasi tenesmus, tujuan terapi kami adalah untuk menyembuhkan peradangan ini,” ujar Dr Faye.


Itu mungkin melibatkan membuat penyesuaian gaya hidup, seperti mengubah asupan serat Anda, memotong makanan yang tampaknya memicu peradangan, minum lebih banyak air dan mengelola stres Gejala tenesmus dapat mulai mereda dalam hitungan hari atau minggu. Namun, penting untuk dicatat bahwa karena IBD adalah kondisi seumur hidup, gejala tenesmus berpotensi datang dan pergi seiring waktu.


Tenesmus yang dipicu oleh masalah selain IBD sering kali melibatkan penanganan akar masalah. 


“Dalam kasus kanker atau tumor, pengangkatan, reseksi atau kemoterapi dapat dicoba, tergantung pada beberapa faktor klinis,” ujarnya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi