Kamis, 09/05/2024 - 01:25 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ASIAINTERNASIONAL

Jepang Jatuhkan Turbin Raksasa ke Laut untuk Manfaatkan Energi tak Terbatas

ADVERTISEMENTS

Pembangunan turbin bawah laut untuk kurangi ketergantungan impor bahan bakar fosil.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JEPANG — Jauh di bawah ombak ada sumber kekuatan yang sangat berbeda dari yang lain. Untuk memanfaatkannya, para insinyur Jepang telah membangun turbin raksasa yang mampu menahan arus laut terkuat untuk mengubah alirannya menjadi pasokan listrik yang hampir tak terbatas.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Ishikawajima-Harima Heavy Industries, sekarang hanya dikenal sebagai IHI Corporation, telah mengutak-atik teknologi selama lebih dari satu dekade sekarang, bermitra dengan Organisasi Pengembangan Teknologi dan Energi Baru (NEDO) pada 2017 untuk menguji desain mereka. Pada Februari, proyek ini melewati tonggak penting dengan selesainya uji lapangan tiga setengah tahun yang sukses di perairan lepas pantai barat daya Jepang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Dilansir dari Sciencealert, Jumat (10/6/2022), prototipe seberat 330 ton ini disebut Kairyu, sebuah kata yang kurang lebih diterjemahkan menjadi ‘arus laut’. Strukturnya terdiri dari badan pesawat sepanjang 20 meter yang diapit oleh sepasang silinder berukuran serupa, masing-masing menampung sistem pembangkit listrik yang dipasang pada bilah turbin sepanjang 11 meter.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Dukung Program Pemerintah Sediakan Teknologi Energi Terbarukan


Saat ditambatkan ke dasar laut dengan tali jangkar dan kabel listrik, perangkat dapat mengarahkan dirinya sendiri untuk menemukan posisi paling efisien untuk menghasilkan daya dari dorongan arus air dalam, dan menyalurkannya ke jaringan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Jepang adalah negara yang sangat bergantung pada impor bahan bakar fosil untuk menghasilkan sejumlah besar tenaganya. Dengan sentimen publik terhadap tenaga nuklir yang memburuk setelah bencana nuklir Fukushima 2011, Jepang termotivasi untuk menggunakan kekuatan teknologinya untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Sayangnya, kepulauan Jepang yang bergunung-gunung menyediakan sedikit ruang untuk hutan turbin angin atau bidang panel surya yang luas. Dengan lokasi yang jauh dari negara tetangga, peluang untuk menyeimbangkan fluktuasi energi terbarukan melalui perdagangan energi juga semakin kecil.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


Satu hal yang dimiliki bangsa ini adalah hamparan perairan pantai yang luas. Di sebelah timur, lautan berputar di bawah kekuatan pilin Pasifik Utara. Di mana pilin bertemu Jepang, itu disalurkan ke aliran yang relatif kuat yang disebut arus Kuroshio.

Berita Lainnya:
Donald Trump Ingin AS Bangun Iron Dome yang Lebih Canggih dari Milik Israel


IHI memperkirakan bahwa jika energi yang ada saat ini dapat dimanfaatkan, maka secara layak dapat menghasilkan sekitar 205 gigawatt listrik, jumlah yang diklaim setara dengan pembangkit listrik negara saat ini. Potensi yang sangat besar dalam pergerakan laut yang bergejolak juga yang membuatnya sangat sulit untuk digunakan sebagai sumber listrik.


Perairan yang mengalir paling cepat berada di dekat permukaan, yang kebetulan juga merupakan tempat di mana topan dapat dengan mudah menghancurkan pembangkit listrik. Kairyu dirancang untuk melayang kira-kira 50 meter di bawah gelombang—saat mengapung ke permukaan, gaya hambat yang dihasilkan memberikan torsi yang diperlukan pada turbin. Masing-masing bilah juga berputar ke arah yang berlawanan, menjaga perangkat tetap stabil.


 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi