Jumat, 26/04/2024 - 11:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

PLN Hemat Rp 554 M Melalui Pembangunan IBT 5 Krian

ADVERTISEMENTS

PLN telah melakukan penghematan kurang lebih Rp 554 miliar

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 SURABAYA — PT PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur dan Bali (UIT JBM) menghemat sebesar Rp 554 miliar melalui pembangunan Interbus Trafo (IBT) 5 yang berlokasi di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Krian, Sidoarjo, Jawa Timur.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


General Manager PLN UIT JBM, Didik F Dakhlan di Surabaya, Selasa (14/6)2022), mengatakan pembangunan IBT 5 sebelumnya dilakukan melalui kajian dan perhitungan sistematis, sebagai sebuah solusi yang efektif selama masa peremajaan IBT 1 dan IBT 2 secara bergantian.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Selanjutnya, kata dia, memerlukan pengoperasian pembangkit di Gresik untuk kebutuhan daya sebesar 300 MW atau setara Rp 666 miliar untuk memastikan agar pasokan listrik tetap aman.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
PLN Bekasi Respons Cepat Gangguan Listrik Akibat Hujan  


“Dari hasil perhitungan, PLN telah melakukan penghematan kurang lebih Rp 554 miliar dengan pembangunan IBT 5 ini, dengan nilai investasi sebesar Rp 112,6 miliar dibandingkan mengoperasikan pembangkit diesel,” katanya.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Didik menjelaskan, saat ini IBT 5 telah sukses memberikan tegangan (energize) sejak Senin (13/6) pukul 00.55 WIB, dan telah memperkuat sistem kelistrikan Jatim, yang berfungsi mengevakuasi daya dari IBT 1 dan IBT 2.IBT 5 tersebut, kata dia, berkapasitas 500/150 kV dan proses pembangunannya membutuhkan waktu selama 18 bulan.


Rencananya, setelah melakukan pemberian tegangan atau energize, PLN UIT JBM akan melakukan peremajaan pada IBT 1 dan IBT 2 secara bergantian, yang bebannya ditopang ke IBT 5.

Berita Lainnya:
PLN: National Electrification Ratio Has Reached 99.79 Percent


Peremajaan pada IBT 1 dan IBT 2 akan segera dilakukan, agar terhindar dari gangguan yang disebabkan oleh IBT yang kurang optimal. Terlebih, beban di Jawa Timur saat ini terus meningkat dan pelanggan KTT kini sudah mulai beroperasi normal kembali.


Sebelum melakukan peremajaan, Didik mengaku saat ini masih terus melakukan pemantauan 1×24 jam, sebelum dilakukan pembebanan tegangan. Didik menjelaskan, IBT 1 dan IBT 2 masing-masing dapat menyalurkan daya sebesar 490 MW dengan tegangan 150 kV, dan menyuplai energi listrik ke daerah Surabaya, serta Kawasan Industri dan Metropolis di sebagian Surabaya dan Gresik.


sumber : Antara

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi