Rabu, 01/05/2024 - 14:30 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Makam Brigpol J akan Dibongkar dan Jenazah Diautopsi Ulang

ADVERTISEMENTS

Belum ada kepastian kapan makam Brigpol J akan dibongkar.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

JAKARTA — Mabes Polri menyetujui permintaan keluarga dan pengacara Brigpol J untuk melakukan ekshumasi, atau pembongkaran makam untuk autopsi ulang. Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto mengatakan, rencana ekshumasi tersebut akan segara dilakukan dengan turut melibatkan tim forensik yang independen usulan keluarga dan pengacara Brigpol J.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kata Benny, pemenuhan permintaan pihak keluarga dan pengacara tersebut sebagai bentuk komitmen Polri untuk membuka terang insiden tembak-menembak di rumah Irjen Ferdy Sambo, eks Kadiv Propam. “Pihak pengacara, dan keluarga, minta untuk ekshumasi, gali kubur, dan autopsi ulang. Maka akan segera dijadwalkan ekshumasi,” ujar Benny, Jakarta, Rabu (20/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Hotman Paris Murka dan Beri Pesan Menohok pada Rocky Gerung Usai Disebut Cincin Pengacara Kondang Itu Lebih Berkilau dari Otaknya
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Benny mewakili Kompolnas untuk pertemuan internal antara tim penyidikan Polri dengan tim pengacara keluarga Brigpol J. Namun dalam pertemuan itu pihak keluarga Brigpol J tak ikut serta.

ADVERTISEMENTS

Dalam pertemuan Benny menerangkan para pihak melakukan gelar perkara bersama atas tewasnya Brigpol J. Penyidik menerangkan soal kronologis versi kepolisian terkait insiden adu tembak dengan Bharada E di rumah Irjen Sambo. Dari Polri, juga menghadirkan tim forensik kepolisian yang melakukan autopsi jenazah Brigpol J.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Kata Benny, dalam pertemuan tersebut, pihak keluarga, melalui pengacara memberikan izin untuk pengajuan ekshumasi yang dilakukan bersama tim forensik independen. Kompolnas, juga dikatakan Benny, setuju untuk Polri mengabulkan usulan tersebut.

Akan tetapi, Benny mengaku, belum ada jadwal pasti kapan pembongkaran makam dan autopsi ulang jenazah Brigpol J bakal dilakukan. “Ekshumasi akan segera dilaksanakan. Jadi nanti akan melibatkan tim forensik independen,” ujar Benny.

Berita Lainnya:
Pengamat Sebut PDIP dan PKS Masuk Kabinet, Nasib Anies dan Ganjar Tragis

Sebelumnya, tim pengacara keluarga Brigpol J, juga menuntut Polri melakukan ekshumasi. Kamaruddin Simanjuntak, selaku kordinator tim pengacara keluarga Brigpol J menjelaskan, permintaan untuk melakukan pembongkaran makam dan autopsi ulang tersebut untuk mengungkap fakta kebenaran terkait penyebab tewasnya Brigpol J.

Keluarga, kata Kamaruddin, tak percaya penjelasan dan hasil autopsi jenazah Brigpol J versi kepolisian. Bahkan, keluarga, kata Kamaruddin, tak percaya Brigpol J tewas karena ditembak. “Jadi ini (tewasnya Brigpol J), bukan disebabkan oleh peluru,” kata Kamaruddin, Rabu (20/7/2022).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi