Rabu, 01/05/2024 - 17:06 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

BISNISEKONOMI

Menteri Bahlil Pastikan Komitmen KS dan Posco Perluas Investasi Baja Senilai Rp 52,283 T

ADVERTISEMENTS

Perluasan investasi KS dan Posco akan dimulai pada 2023.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 JAKARTA — Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menandatangani kerja sama Kementerian Investasi/BKPM dengan PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (PT KS) yang diwakili oleh Silmy Karim sebagai Direktur Utama dan Posco yang diwakili oleh Kim Hag-Dong sebagai CEO Posco. Penandatanganan kerja sama ini disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Kerja sama antara Kementerian Investasi atau BKPM dengan PT KS dan Posco ini dilakukan guna fasilitasi rencana perluasan kapasitas produksi dan produksi baja otomotif untuk kendaraan listrik. Total rencana investasinya mencapai 3,5 miliar dolar AS atau setara Rp 52,283 triliun (kurs Rp 14.938 per dolar AS) dan akan dimulai pada 2023 mendatang.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Selain itu, kerja sama ini juga dilakukan dalam rangka fasilitasi rencana proyek pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN). Bahlil menyambut baik adanya kerja sama ini dan berharap perluasan investasi yang dilakukan akan berjalan sesuai rencana sehingga dapat berkontribusi mendorong peningkatan produksi baja otomotif di Indonesia serta mempercepat terwujudnya pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

ADVERTISEMENTS


Bahlil pun memastikan fasillitasi Kementerian Investasi/BKPM terkait proses perizinan dan insentif yang akan diberikan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. “Saya sangat senang dengan komitmen dari PT KS dan Posco untuk investasinya di Indonesia. Perluasan investasi ini pastinya akan berkontribusi besar pada pertumbuhan industri baja di Indonesia ke depan. Kami akan fasilitasi dan beri dukungan penuh agar proyek ini berjalan lancar. Izin akan kami bantu urus. Kalau ada masalah, jangan ragu untuk laporkan kepada kami,” tegas dia, lewat siaran pers pada Kamis (28/7/2022).

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil
Berita Lainnya:
Mentan Proyeksikan Pertanian Merauke Jadi Lumbung Pangan Masa Depan


Meskipun memastikan komitmen untuk memberikan dukungan dari sisi perizinan dan insentif, ia menekankan kembali adanya kewajiban untuk melakukan kolaborasi dengan pengusaha lokal dan


Usaha Mikro Kecil  dan Menengah (UMKM) di daerah. Keterlibatan pelaku UMKM dalam proyek kerja sama ini juga dipastikan oleh Kementerian Investasi/BKPM, dengan tetap memperhatikan kapabilitas dan kapasitas pengusaha lokal sebagai rantai pasok dan pemasok potensial.


Direktur Utama PT Krakatau Steel Silmy Karim menyampaikan mengenai dukungan pemerintah yang sangat membantu perkembangan rencana perluasan investasi Krakatau Steel dan Posco ini. “Dengan adanya kesepakatan itu kami akan terus aktif berkolaborasi dalam mengimplementasikan rencana investasi sesuai dengan target. Kami mengapresiasi atas dukungan penuh dari pemerintah khususnya Kementrian Investasi dalam upaya merealisasikan perluasan investasi PT Krakatau Posco tersebut,” tuturnya.


Kim Hag Dong sebagai CEO Posco mengungkapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada Kementerian Investasi/BKPM yang telah memfasilitasi proyek ini mulai dari awal sampai tahap perluasan ini. “Sejak tahap awal investasi, kami difasilitasi dengan baik oleh Kementerian Investasi/BKPM. Maka itulah kami yakin untuk melakukan perluasan. Kami harap investasi ini dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia dan terus meningkatkan hubungan kerja sama investasi antara Indonesia dan Korea Selatan ke depannya,” ujar dia.

Berita Lainnya:
Pertamina Paparkan Pengelolaan Energi Terintegrasi di Hannover Messe


Posco telah berinvestasi di Indonesia melalui PT Krakatau Posco, sebuah perusahaan joint venture antara PT KS dengan Posco yang berdiri sejak 2010. PT Krakatau Posco bergerak di sektor industri baja dengan total investasi sebesar 3,7 miliar dolar AS dan telah menyerap tenaga kerja sebanyak 7.000 orang. 


Selain itu, Posco juga menjadi bagian dari konsorsium LG dalam proyek grand package industri baterai listrik terintegrasi dengan total nilai investasi mencapai 9,8 miliar dolar AS. Berdasarkan data Kementerian Investasi/BKPM, realisasi investasi Korea Selatan sepanjang periode 2017 sampai semester I 2022 berada pada peringkat 5 dengan capaian sebesar 9,08 miliar dolar AS.


Nilai tersebut didominasi oleh investasi pada sektor industri kendaraan bermotor dan alat transportasi lain yang mencapai 1,69 miliar dolar AS (18,6 persen). Kemudian disusul oleh investasi di sektor listrik, gas, dan air sebesar 1,35 miliar dolar AS (14,9 persen), industri mesin, elektronik, instrumen kedokteran, peralatan listrik,


presisi, optik, dan jam sebesar 0,92 miliar dolar AS (10,1 persen), industri barang dari kulit dan alas kaki sebesar 0,86 miliar dolar AS (9,5 persen), serta industri kimia dan farmasi sebesar 0,85 miliar dolar AS (9,4 persen) miliar.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi