Sabtu, 04/05/2024 - 09:48 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

EROPAINTERNASIONAL

Kengerian yang akan Terjadi Jika PLTN Zaporizhzhia Meledak

ADVERTISEMENTS

Ketegangan Rusia dan Ukraina dapat meledakkan PLTN Zaporizhzhia dan berakibat fatal

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

KIEV — Rusia dan Ukraina saling menuduh satu sama lain menembaki pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia di Ukraina. Serangan di kawasan Ukraina selatan di Sungai Dnieper itu dikhawatirkan akan meledakkan pembangkit nuklir terbesar di Eropa. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Daripada ledakan inti reaktor, para ahli lebih khawatir tentang kerusakan sistem yang mendinginkan kolam bahan bakar bekas dan reaktor. Jika pendinginan gagal, kondisi ini dapat menyebabkan penumpukan panas yang tidak terkendali. Maka kehancuran dan kebakaran dapat melepaskan serta menyebarkan radiasi dari struktur penahanan.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


“Kami sebagian besar takut akan pelepasan radiasi, belum tentu ledakan. Meskipun itu terlihat menakutkan, pelepasan radiasi, bagaimanapun juga, akan menjadi bencana besar,” seorang Mahasiswa PhD di Departemen Studi Perang di King’s College London, Amelie Stoetzel dikutip dari Aljazirah, Jumat (12/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Pihak Berwenang Mesir Tangkap Aktivis Pro-Palestina 


Stoetzel mengharapkan evakuasi segera tapi ada kesulitan dalam mengakses fasilitas medis karena kemungkinan akan ada lonjakan pasien. Sebab ketika ada insiden kecelakaan radiasi, banyak orang yang muncul dengan gejala keracunan radiasi, termasuk karena ketakutan dan kepanikan. Memang banyak warga sudah meninggalkan daerah itu, tapi masih banyak orang yang tertinggal.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


“Akan ada banyak orang yang bergegas ke rumah sakit dan bergegas keluar dari daerah itu, yang akan menjadi masalah. Akan ada kebingungan dalam perang yang sedang berlangsung, mengevakuasi orang sangat sulit,” tambahnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Menurut para ahli, bagi banyak orang ketakutan akan radiasi bisa lebih berbahaya daripada radiasi itu sendiri. Lalu yang paling problematis bagi pemerintah setempat terkait menangani pasien dalam jumlah banyak.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh


“Kami dapat melihat peningkatan pada pasien karena gejala psikologis yang terkait dengan pengetahuan bahwa radiasi mungkin bocor dari pembangkit listrik tenaga nuklir di dekatnya,” tutur Stoetzel.

Berita Lainnya:
Jenderal AS: Ukraina akan Kalah Tanpa Bantuan Amerika Serikat


Seorang profesor di Sekolah Kebijakan Publik dan Urusan Global Universitas British Columbia, Ramana, mengatakan gumpalan yang mengandung bahan radioaktif tidak dapat diprediksi ke mana perginya tergantung pada kondisi cuaca. Mengingat lokasi geografis pabrik, pelepasan radiasi dapat menghantam bagian mana pun di benua Eropa.


“Zaporizhzhia ada di tengah benua. Jadi ke mana pun angin bertiup, seseorang akan terkontaminasi,” kata Ramana.


Menurutnya apabila pembangkit nuklir Zaporizhzhia benar-benar meledak atau kebakaran, kebocoran radiasi dapat menyebabkan bencana jangka panjang. Kemungkinan banyak orang akan terpapar dan langsung jatuh dan mati. Namun ada korban psikologis yang besar, tepat di atas korban psikologis dari perang itu sendiri.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi