Sabtu, 18/05/2024 - 14:16 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ISLAM

Ketentuan Penting Hubungan Intim Suami Istri dan Hikmahnya Menurut Imam Ghazali

JAKARTA – Suami dan istri dianjurkan untuk rutin melakukan jima atau berhubungan badan atau berhubungan suami istri. Sehubungan dengan itu, Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin menjelaskan adab jima atau berhubungan suami istri.

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Dalam melakukan hubungan suami istri, kita disunnahkan memulainya dengan menyebut nama Allah SWT. Dengan mengucapkan bismillah dan membaca Surat Al-Ikhlas. Setelah itu, dilanjutkan dengan membaca takbir dan tahlil, lalu berdoa sebagai berikut:

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

بِسْمِ اللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ. اللَّهُمَّ اجْعَلْهَا ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنْ كُنْتَ قَدَّرْتَ أَنْ تَخْرِجَ ذالك من صلبي

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat & Sukses ada Pelantikan Direktur PT PEMA dan Kepala BPKS

“Bismillâhil ‘aliyyil ‘azhimi. Allâhummaj’alhá dzurriyyatan thayyibatan in kunta qaddarta an tukhrija dzālika min shulbi.”

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

“Ya Allah, Rabbku, jika Engkau takdirkan aku untuk mengeluarkannya (air mani) dari tulang sulbiku (tulang punggung), maka jadikan ia sebagai anak yang baik (sehat).”

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Apabila seseorang di antara kalian mendatangi istrinya, hendaklah berdoa:

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action
Berita Lainnya:
Hukum Memberi Uang ke Tukang Parkir Liar Menurut MUI

اللَّهُمَّ جَنِّبْنِي الشَّيْطَانَ وَجَنَّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Allahumma jannibni al-syaithâna wa jannibi al-syaithana mâ razaqtană.”

ADVERTISEMENTS

“Ya Allah, Rabbku, jauhkan kami dari gangguan setan, dan jauhkan setan dari apa yang Engkau rezekikan kepada kami.”

ADVERTISEMENTS

“Dengan demikian, insya Allah setan (baik dari bangsa jin maupun bakteri pengganggu, penerjemah) tidak akan mencelakakan anak yang lahir dari hasil hubungan tersebut.” (Diriwayatkan Imam Bukhari dan Imam Muslim dari Hadits Ibnu Abbas Radhiyallahu anhu).

Ulama bergelar Hujjatul Islam Zainuddin al-Thusi dalam kitabnya menjelaskan, berhubungan badan dengan istri pada awal, pertengahan, dan akhir bulan hukumnya makruh. Sedangkan bersetubuh pada malam Jumat hukumnya sunnah.

Apabila hajat seorang suami telah terlaksana, maka hendaklah ia menunggu sampai terlaksana pula kepuasan istrinya. Sebab, karena inzal (ejakulasi) istri seringkali tidak secepat suami. Sungguh, akan sangat menyakitkan bagi istri yang dipisahkan dari suaminya pada saat nafsu syahwatnya tengah membuncah.

Suami sebaiknya mendatangi istrinya setiap empat malam sekali. Namun, hal ini sangat bergantung pada keadaan istri, bisa lebih atau kurang dari satu kali dalam empat malam.

Berita Lainnya:
Istri Tak Pernah Mau Diajak Berhubungan Intim, Seorang Pria di Cianjur Tercengang Begitu Menemukan Fakta Ini, Ternyata...

Janganlah seorang suami berhubungan badan dengan istri yang sedang dalam kondisi haid. Sebab, perbuatan itu hukumnya haram. Namun, suami boleh bersenang-senang dengan tubuh istrinya, tanpa melakukan jima. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

نِسَاۤؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْ ۖ فَأْتُوْا حَرْثَكُمْ اَنّٰى شِئْتُمْ ۖ وَقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ مُّلٰقُوْهُ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Istrimu adalah ladang bagimu. Maka, datangilah ladangmu itu (bercampurlah dengan benar dan wajar) kapan dan bagaimana yang kamu sukai. Utamakanlah (hal yang terbaik) untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menghadap kepada-Nya. Sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang mukmin. (QS Al-Baqarah  Ayat 223)

Tidak dilarang tidur saja dengan istri yang sedang mengalami masa haid, dengan catatan tidak melakukan hubungan intim (suami istri).

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi