Kamis, 02/05/2024 - 08:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

INTERNASIONALTIMUR TENGAH

Militer Iran akan Gelar Latihan Drone Berskala Besar

ADVERTISEMENTS

Sebanyak 150 drone bakal dikerahkan dalam latihan tersebut.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

 TEHERAN — Militer Iran diagendakan menggelar latihan pesawat nirawak (drone) berskala besar pada Rabu (24/8/2022). Sebanyak 150 drone bakal dikerahkan dalam kegiatan tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


“Keakuratan dan kekuatan senjata, kemampuan sistem pemandu dan kendali, serta kemampuan tempur drone adalah beberapa hal yang akan diuji dan dievaluasi dalam latihan ini,” kata wakil koordinator angkatan bersenjata Iran Laksamana Habibollah Sayyari pada Selasa (23/8/2022), dikutip laman Al Arabiya.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Dia mengungkapkan, latihan tersebut akan berlangsung dari perairan hangat Teluk dan Laut Oman di selatan ke bagian timur, barat, utara, dan tengah Iran. “Ini adalah pertama kalinya latihan pesawat nirawak bersama dilakukan di tingkat empat kekuatan tentara Republik Islam Iran dan pangkalan pertahanan udara bersama negara ini,” ucap Sayyari.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Rusia: Israel Langgar Hukum Internasional dengan Serang Konsulat Iran di Suriah


Ia tak menjelaskan berapa lama atau hingga kapan latihan drone berskala besar itu akan berlangsung. Iran mulai mengembangkan drone pada dekade 1980-an, yakni ketika negara tersebut terlibat perang dengan Irak.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Bulan lalu, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat (AS) Jake Sullivan menuduh Iran sedang mempersiapkan pengiriman ratusan drone ke Rusia. Seluruh drone tersebut nantinya akan digunakan Moskow untuk bertempur melawan pasukan Ukraina. “Informasi kami menunjukkan bahwa pemerintah Iran sedang bersiap untuk menyediakan Rusia hingga beberapa ratus UAV (Unmanned Aerial Vehicle), termasuk UAV berkemampuan senjata dalam waktu yang dipercepat,” kata Sullivan dalam konferensi pers, 11 Juli lalu.

Berita Lainnya:
DK PBB akan Adakan Pertemuan Atas Permintaan Israel Usai Serangan Iran


Sullivan mengungkapkan, berdasarkan informasi yang diperoleh AS, Iran pun akan melatih pasukan Rusia untuk menggunakan UAV tersebut. “Sesi pelatihan awal yang dijadwalkan akan dimulai pada awal Juli,” ucapnya.


Kendati demikian, dia belum mengetahui apakah Iran telah mengirimkan drone ke Rusia. “Tapi ini hanya salah satu contoh bagaimana Rusia melihat ke negara-negara seperti Iran untuk kemampuan yang juga digunakan untuk menyerang Arab Saudi,” ujar Sullivan. 

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi