Jumat, 26/04/2024 - 22:11 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Survei Tangkap Tren Positif Terhadap Prabowo Usai Deklatasi Capres

ADVERTISEMENTS

“Terjadi penguatan sentimen positif terhadap Prabowo sebagai capres serta Partai Gerindra dan PKB sebagai calon peserta Pemilu 2024,” kata Peneliti Senior MIPOS, Ibnu Hanif Fadillah dalam keterangan, Rabu (24/8).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Riset dilakukan dengan menggunakan pendekatan natural language processing (NLP) untuk mengekstraksi opini warganet (netizen) dalam bentuk teks. Metode ekstraksi opini dilakukan dengan teknik knowledge discovery in database (KDD). Dataset dalam riset kali ini diperoleh dari tanggal 9 hingga 20 Agustus 2022.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Penentuan periode riset ini didasarkan pada dua event besar dalam panggung politik nasional yang terjadi sebelumnya, yakni deklarasi kesiapan Prabowo maju sebagai capres 2024 dan deklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Analisis terhadap percakapan warganet pada sejumlah platform media sosial dilakukan dengan menggunakan keyword nama-nama capres yang paling sering muncul dalam publikasi sejumlah lembaga survei mainstream, seperti Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan sebagainya.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Sebelas Jenazah Korban Kecelakaan KM 58 Dipindahkan ke RS Polri, Ini Alasannya


Selain itu keyword nama-nama partai politik yang diperkirakan bakal lolos ke Senayan pada Pemilu 2024 nanti dengan mengacu pada hasil survei sejumlah lembaga. Salah satu tujuan dari riset ini adalah untuk mengetahui perkembangan sentimen publik terhadap para capres dan parpol setelah dua event deklarasi itu.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Hasilnya, sebanyak 35,41 persen warganet yang mempercakapkan Ketua Umum Partai Gerindra tersebut cenderung menyampaikan ujaran positif. Hanya 2,43 persen yang menyampaikan ujaran negatif dan 62,16 persen percakapan cenderung bersifat netral.


Setelah Prabowo, capres yang juga memperoleh sentimen positif cukup signifikan dari publik adalah Ganjar Pranowo sebesar 25,03 persen. Namun sentimen negatif terhadap Gubernur Jawa Tengah tersebut tergolong tinggi yakni 7,94 persen.

Berita Lainnya:
Senyum Prabowo Ditanya Soal Wacana Pertemuan dengan Megawati


Begitu juga dengan Anies Baswedan yang memperoleh sentimen negatif sebesar 10,95 persen alias tertinggi dari capres top seven. Sedangkan sentimen positif terhadap Gubernur DKI itu hanya sebesar 18,96 persen.


Ibnu mengatakan, mengacu pada hasil riset MIPOS pada April 2022, sentimen positif dari publik terhadap Prabowo Subianto semakin menguat sedangkan sentimen negatifnya semakin menurun. Saat itu Prabowo memperoleh sentimen positif dari warganet sebesar 25,40 persen dan sentimen negatif sebesar 12,40 persen.


“Berdasarkan analisis MIPOS, menguatnya sentimen positif terhadap Prabowo terkait sangat signifikan dengan event deklarasi kesiapan Ketua Umum Partai Gerindra itu maju dalam kontestasi Pilpres 2024,” katanya.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi