Rabu, 08/05/2024 - 04:01 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

AFRIKAINTERNASIONAL

Jurnalis Sudan Dirikan Serikat Profesi

ADVERTISEMENTS

Jurnalis Sudan mendirikan serikat profesi independen pertama selama beberapa dekade.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

KHARTOUM — Jurnalis Sudan mendirikan serikat profesi independen pertama selama beberapa dekade. Dalam kampanyenya mereka mengatakan hal ini merupakan langkah penting menuju kebebasan setelah kudeta militer.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

“Kemenangan ini adalah terbentuk kembali sindikasi kami setelah 30 tahun lebih untuk mempertahankan kebebasan dan profesionalisme pers,” kata salah seorang jurnalis Waleed Al Nour yang menunggu selama berjam-jam untuk memberikan suaranya dalam pemilihan ketua serikat, Ahad (28/8/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Serikat itu memiliki 1.164 anggota, sebanyak 659 diantaranya memberikan suara mereka. Selama pemerintahan otoriter Omar al-Bashir muncul serikat-serikat bayang sebagai perlawanan dari serikat yang lebih ramah pada rezim.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Kepada Menlu Jerman, Iran Tegaskan Ketidakgentarannya Serang Israel

Serikat-serikat jurnalis bayangan itu turut mendorong pemberontak yang menggulingkan Bashir pada 2019 lalu. Kudeta militer pada Oktober tahun lalu mengakhiri kesepakatan pembagian kekuasaan antara militer di sipil usai Bashir digulingkan.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Kudeta itu juga menangguhkan siaran radia dan sejumlah wartawan televisi menjadi korban penyerangan, penggerebekan dan penyerbuan yang dilakukan pasukan keamanan dan loyalis rezim otoriter.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Jurnalis yang dekat dengan Bashir mencoba mencegah pemungutan suara ketua serikat dengan mempertanyakan legalistasnya. Mereka mengatakan sindikat jurnalis yang baru tidak bisa menggantikan serikat yang sudah berdiri dari jaman Bashir.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Ketua komite pemilihan Faisal Mohamed Salih yang menjadi menteri informasi di pemerintah sipil mengatakan pemungutan suara digelar dengan demokratis. “Dan lancar dengan angka partisipasi yang tinggi dan disambut gembira para jurnalis,” katanya.

Berita Lainnya:
Menlu Retno Bahas Penguatan Kerja Sama dengan Turki di Ankara

Pemantau dari lembaga swadaya masyarakat termasuk dari kelompok-kelompok pengacara oposisi menghadiri pemungutan suara itu. Abdelmoniem Abu Idrees, jurnalis Agence France-Presse (AFP) terpilih sebagai ketua kandidat.

Suara yang sedang dihitung untuk 40 jabatan sindikat lainnya. Salah satu kelompok yang menentang kudeta militer, komite perlawanan Bahri mengatakan pemungutan ini merupakan langkah yang penting.

“Kami hanya dapat mendukungnya, karena meletakkan dasar bagi salah satu tuntutan inti perlawanan kami, dan itu adalah demokrasi,” kata kelompok itu dalam pernyataannya.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi