Sabtu, 27/04/2024 - 01:20 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

12 Kebiasaan Buruk Ini Rugikan Kesehatan, Anda Juga Melakukannya?

ADVERTISEMENTS

Kebiasaan buruk yang dilakukan sehari-hari dapat merugikan kesehatan.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Ada kebiasaan buruk sehari-hari yang bisa mengimbas bahkan orang yang paling sehat sekali pun. Dokter umum Akash Patel dari perusahaan perawatan kesehatan swasta MyHealthcare Clinic, menyebutkan sejumlah kesalahan yang bisa menyabotase kesehatan tersebut, dikutip dari laman The Sun, Ahad (18/9/2022).

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

1. Terlalu banyak duduk

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Duduk terlalu lama dikaitkan dengan penambahan berat badan, penyakit kardiovaskular, diabetes tipe dua, kanker, dan pembekuan darah. Patel mengatakan, kebiasaan buruk ini meroket selama pandemi Covid-19 karena banyak orang lebih banyak duduk.

ADVERTISEMENTS

2. Menyikat gigi pada waktu yang salah

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil

Menyikat gigi memang dianjurkan sebanyak dua kali sehari, tapi melakukannya pada waktu yang salah akan mengimbas kesehatan. Gosok gigi segera setelah mengonsumsi sesuatu dengan tingkat asam tinggi seperti kopi atau jus jeruk dapat berbahaya bagi lapisan email gigi.

Berita Lainnya:
Mencari Strategi Tepat Pola Pengasuhan Cucu

3. Tidak mengganti sikat gigi

Dokter gigi merekomendasikan mengganti sikat gigi setidaknya setiap 12 hingga 16 pekan untuk memastikan efektivitas dan kebersihan maksimum. Bulu sikat gigi menjadi melebar dan kurang efektif dari waktu ke waktu, yang berarti tidak dapat membersihkan tempat-tempat yang lebih sulit dijangkau.

4. Minum alkohol

Minum alkohol tidak baik untuk tubuh dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari obesitas, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan kerusakan hati. Patel mengatakan, terkadang seseorang tidak sadar dan malah minum alkohol jauh lebih banyak.

5. Menghindari dokter

Tidak sedikit orang yang enggan berkonsultasi dengan dokter karena berbagai alasan. Berurusan dengan masalah kesehatan bisa menjadi pengalaman yang menakutkan, tetapi profesional kesehatan ada untuk membantu pasien mengatasi gangguan pada tubuhnya.

Berita Lainnya:
Merasa Lebih Tua tidak Awet Muda? Ternyata Tanda Kurang Tidur

6. Tidak menggunakan tabir surya

Tabir surya bukan hanya untuk musim panas. Meski matahari terkesan tidak bersinar terik pada hari tertentu, cahayanya masih menembus awan dan kulit. Ada ancaman nyata berupa kanker kulit bagi orang-orang yang tidak menggunakan tabir surya yang sesuai, bahkan saat cuaca dingin.

7. Tidak mengutamakan tidur

Dalam kehidupan modern yang sibuk, tidur sering kali masuk ke dalam daftar hal-hal yang harus diutamakan. Seiring waktu, kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah besar masalah kesehatan, terkait dengan obesitas, diabetes, depresi, dan demensia.

8. Tidak keluar rumah sepanjang hari

Aktivitas sejenak di luar rumah dan menghirup udara segar punya efek menguntungkan pada tubuh. Itu bisa meningkatkan kewaspadaan, mood, bahkan libido. Kulit pun menggunakan sinar matahari untuk membuat vitamin D, yang sangat penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan kesehatan tulang.

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi