Sabtu, 04/05/2024 - 06:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

Effendi Gazali: Survei Trust, Anies Baswedan Unggul dengan Beberapa Catatan

ADVERTISEMENTS

BANDA ACEH -Lembaga Riset & Konsultan Trust Indonesia meluncurkan hasil survei nasional para pemimpin opini publik tentang 5 kandidat calon presiden pada 12 Oktober 2022 di Jakarta. 

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Kelima calon presiden tersebut adalah: Airlangga Hartato, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Puan Maharani. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Kepada VOI, Effendi Gazali menyatakan bahwa semua pendapatnya yang dikutip tentang hasil survei itu adalah benar. “Namun barangkali karena berita daring biasanya cepat dan pendek, maka beberapa keterangan saya belum termuat,” tutur Effendi di Jakarta, 14 Oktober.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Pakar komunikasi ini menambahkan: “Saya memberikan catatan khusus tentang metodologi pada survei tersebut. Pertama, responden atau pakarnya belum mendekati peta pemilih Indonesia. Pakar di Sumatera jauh lebih banyak daripada di Jawa. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Kecewa atas Putusan MK, Fedi Nuril Ingin Siapkan Anaknya Lawan Silsilah Jokowi

Kedua, latar belakang atau profesi akademisi digabung aktivis mahasiswa, atau kalangan kampus, jauh melebihi profesi lainnya. Ketiga, ternyata para responden yang tidak puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo tinggi sekali yaitu 67,9 %. Jadi ini berbeda dibanding hasil survei nasional lembaga lain.”

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dengan demikian, menurutnya, hasil survei Trust Indonesia harus dibaca dalam konteks responden yang seperti itu. Hasil survei Trust Indonesia memang menunjukkan Anies Baswedan unggul signifikan di semua aspek Kinerja maupun Kelayakan dibanding 4 kandidat calon presiden potensial lainnya.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh

Effendi Gazali juga meminta hasil survei ini dibaca sebagai potret still (foto sesaat) 7 sampai 11 Oktober 2022. “Tentu ini terkait dengan kesegaran atau euforia peristiwa Deklarasi Anies Baswedan oleh Partai Nasional Demokrat. Ini akan fair bagi Prabowo Subianto yang juga sudah dideklarasikan oleh partai tertentu. Namun akan menjadi relatif tidak adil bagi Ganjar atau Puan dan Airlangga yang belum dideklarasikan. Dalam konteks dan semua catatan itu, maka angin perubahan zaman memang tampaknya menghampiri Anies Baswedan,” tuturnya.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Peluang Bertemu Prabowo, Anies: Kami Teman dalam Demokrasi

Effendi Gazali juga menyambut gembira bahwa Trust Indonesia akan kembali membuat survei pada saat seluruh capres dan cawapres terdaftar secara resmi di KPU nantinya. “Hasilnya bisa saja berbeda dibandingkan survei pada 7 sampai 11 Oktober itu. Berapa pasangan yang akhirnya resmi jadi kandidat, serta nama para wakil presidennya akan sangat menentukan,” tutur Effendi 

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi