Sabtu, 27/04/2024 - 09:45 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

OTOMOTIF
OTOMOTIF

Keberagaman Brand Dianggap Dorong Kompetisi Industri Otomotif

ADVERTISEMENTS

Iklim kompetisi industri otomotif semakin terbentuk.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

 JAKARTA — Dalam beberapa tahun terakhir, industri otomotif diramaikan oleh sejumlah brand baru. Selain itu, besarnya potensi pasar di Indonesia juga membuat beberapa brand yang sempat angkat kaki akhirnya kembali ke Tanah Air.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA


Pengamat otomotif, Bebin Juana mengatakan, kehadiran brand yang beragam tentu memberikan keuntungan bagi konsumen karena konsumen jadi memiliki opsi yang lebih luas. “Di satu sisi, hal ini juga membuat iklim kompetisi jadi semakin terbentuk karena masing-masing brand akan berusaha untuk meraih pasar dengan beragam strategi,” kata Bebin kepada Republika.co.id pada Kamis (13/10/2022).

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah


Di Indonesia sendiri, brand yang baru saja kembali meramaikan industri otomotif adalah Citroen. Menurutnya, brand Prancis itu sempat hadir di Indonesia pada era 50-an hingga 80-an berawal saat Prancis terlibat dalam sejumlah pembangunan infrastruktur di Indonesia.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Jumlah Kendaraan Listrik Terus Meningkat, Periklindo Gencar Edukasi 


Sejumlah infrastruktur yang melibatkan ekspatriat dari Prancis diantaranya adalah Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat dan Bandar Udara Internasional Soekarno–Hatta, Tangerang, Banten.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


“Terdapat sejumlah pembangunan infrastruktur di Indonesia yang melibatkan ekspatriat dari Prancis. Oleh karena itu, Citroen pun dihadirkan sebagai kendaraan penunjang para ekspatriat itu dan kemudian membuat mobil tersebut dikenal di Indonesia,” kata Bebin.


Menurutnya, saat itu, Citroen dikenal sebagai mobil yang nyaman karena menerapkan sistem suspensi hydropneumatic. Sepanjang kiprahnya di Indonesia, brand tersebut juga dikenal memiliki kualitas yang cukup baik.


Ia menganggap, kunci sukses suatu brand dalam menggarap pasar di Indonesia adalah dengan menonjolkan keunggulan produk dan keunggulan layanan penjualan maupun purna jual. Bebin meyakini, seluruh keunggulan itu bisa dihadirkan oleh Citroën dan Indomobil sehingga membuat masyarakat tak merasa ragu untuk menggunakan produk Prancis itu. Terlebih, lanjut dia, Citroen juga akan menegaskan jati dirinya sebagai brand futuristik dengan menghadirkan produk mobil listrik.

Berita Lainnya:
TAM Hadirkan Toyota Hilux S-Cab Lebih Luas dengan Tiga Pilihan Tipe Mesin dan Bahan Bakar


Brand CEO Citroen, Vincent Cobee mengatakan, distribusi dan penjualan produk Citroën di Indonesia akan ditangani oleh anak perusahaan Indomobil Group yang bernama PT Indomobil Wahana Trada.


“Kehadiran akan ditandai dengan peluncuran tiga produk andalan yang mulai dipasarkan tahun depan,” kata Vincent Cobee dalam koferensi pers Citroen yang dilakukan di Jakarta.


Ketiga produk yang akan dipasarkan adalah C5 Aircross, e-C4 dan New C3. Dengan ketiga produk itu, Citroen yakin bisa menghadirkan alternatif mobil yang sesuai dengan kebutuhan pasar di Indonesia.


 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi