Jumat, 26/04/2024 - 19:35 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

LIFESTYLE

Empat Jenis Kanker Bisa Terdeteksi Sekaligus dengan Metode Tes Terbaru

ADVERTISEMENTS

Kanker payudara, rahim, serviks, dan ovarium bisa dites sekaligus dengan metode baru.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

JAKARTA — Sebuah metode pengetesan baru mampu mendeteksi kanker beberapa tahun sebelum diagnosis. Metode tes baru ini bisa mendeteksi hingga empat macam kanker dalam satu waktu.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA

Kinerja dan efektivitas tes baru ini diungkapkan melalui studi dalam jurnal Genome Medicine. Hasil studi menunjukkan bahwa tes baru ini bisa secara akurat mendeteksi perubahan sel yang mungkin berkembang menjadi kanker serviks.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah

Tes ini juga bisa mengenali penanda DNA untuk beberapa jenis kanker. Artinya, tes ini bisa digunakan untuk memprediksi kemungkinan terjadinya kanker di masa mendatang. Jenis kanker yang dapat diprediksi adalah kanker payudara, kanker rahim, kanker serviks, dan kanker ovarium.

ADVERTISEMENTS
Berita Lainnya:
Kepala BKKBN: Pendidikan Seks Usia Dini Dapat Cegah Kanker Serviks

Dalam mendeteksi perubahan sel terkait kanker serviks, peneliti juga menemukan bahwa tes baru ini memiliki performa yang lebih baik dibandingkan metode pengetesan yang ada saat ini. Pada orang yang tak memiliki perubahan sel namun terpapar oleh human papillomavirus (HPV), tes baru ini bisa mendeteksi 55 persen orang yang akan mengalami perubahan sel dalam empat tahun ke depan.

ADVERTISEMENTS
Mudahkan Hidup Anda!, Bayar PBB Kapan Saja, Di Mana Saja! - Aceh Singkil


Seperti diketahui, sebagian besar kasus kanker serviks dipicu oleh HPV. Metode tes baru ini bekerja dengan cara mendeteksi DNA methylation. Sebagai informasi, DNA memuat semua gen yang didapatkan dari orang tua, sedangkan DNA methylationberfungsi untuk memberitahu sel-sel mengnai bagian DNA mana yang perlu dibaca.

Berita Lainnya:
Katarak, Glaukoma, Hingga Gangguan Retina Bisa Terjadi Akibat Diabetes tak Terkontrol

Faktor seperti kebiasaan merokok, paparan polusi, pola makan yang buruk, dan kegemukan bisa memicu perubahan pada DNA methylation. Kondisi ini nantinya dapat mendorong perubahan pada perilaku sel.

Studi terbaru ini menggunakan 1.254 sampel skrining serviks pada tiga kelompok wanita. Ketiga kelompok tersebut adalah wanita yang memiliki perubahan sel dengan tingkat risiko kanker rendah hingga tinggi, wanita dengan HPV yang tak memiliki perubahan sel serviks, dan wanita tanpa perubahan sel serviks namun berisiko tinggi mengalami perubahan sel dalam kurun empat tahun.


 

 

 

Sumber: Republika

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi