Selasa, 21/05/2024 - 05:28 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

Gelar MBKM di Mukim Siem, Mahasiswa Geofisika Ajak Warga Gunakan SIG

BANDA ACEH – Mahasiswa program studi (Prodi) Teknik Geofisika jurusan Teknik Kebumian Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala (USK) kembali melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Gampong Mukim Siem, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar, Rabu (19/10/2022).

ADVERTISEMENTS
QRISnya satu Menangnya Banyak

Dosen pembimbing mahasiswa program pembangunan desa, Freddy Sapta Wirandha, menjelaskan bahwa MBKM adalah program yang dirancang oleh Kemendikbutristekdikti yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan mengaplikasikan keilmuan yang dipelajari dikampus kepada masyarakat.

ADVERTISEMENTS
Bayar PDAM menggunakan Aplikasi Action Bank Aceh Syariah - Aceh Selatan

Freddy mengatakan, sebagai wujud mendukung program MBKM tersebut, USK meluncurkan program MBKM USK Unggul. Dimana salah satu program dari MBKM USK Unggul yaitu kegiatan pembangunan desa.

Menurutnya, program ini memprioritaskan bagaimana mahasiswa belajar bersama masyarakat dalam mengaplikasikan fokus keilmuan dan teknologi yang dipelajari dikampus kepada masyarakat. Jika selama ini mahasiswa hanya mempelajari teori dan simulasi-simulasi dikelas, maka melalui program ini mahasiswa bisa langsung mengaplikasikan kepada masyarakat.

“Adanya kegiatan ini para mahasiswa dapat mempraktekkan langsung dan belajar bersama masyarakat dalam mengaplikasikan ilmu dan teknologi yang dipelajari terutama keilmuan dan teknologi dibidang SIG kepada masyarakat,” kata Freddy Sapta dalam keterangan tertulis, Kamis (20/10/2022).

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Lancar Bayar Iuran JKN, 4 Kabupaten Wilayah Kerja BPJS-Kes Meulaboh Raih Penghargaan

Ia menuturkan, kegiatan pembangunan desa ini dilakukan di Gampong Mukim Siem, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar dengan tema “Membangun Sistem Informasi Mukim Berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG)”. Kegiatan ini dilakukan secara partisipatif yang melibatkan enam mahasiswa dari Prodi Teknik Geofisika USK dan masyarakat di Mukim Siem.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Ketua Majelis Adat Aceh Besar, Asnawi, menyampaikan dengan semakin berkembangnya zaman, terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah suatu pekerjaan. Dimana salah satunya adalah dengan sistem informasi menggunakan sistem informasi geografis.

“Sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat untuk Mukim dan gampong-gampong yang ada dalam Mukim Siem,” tutur Asnawi.

ADVERTISEMENTS

Keuchik Gampong Lieu, Aceh Besar iniengatakan Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan suatu sistem berbasis komputer yang dapat digunakan untuk mengelola, menganalisa, serta menyebarkan informasi geografis.

ADVERTISEMENTS

Menurutnya, sistem informasi geografis ini dapat digunakan dalam pengelolaan dan manajemen mukim dan gampong-gampong yang ada dalam Mukim Siem kedepannya. Sistem ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan perencanaan, monitoring dan evaluasi suatu kegiatan pembangunan yang dilakukan di mukim dan gampong-gampong yang ada dalam wilayah Mukim Siem.

Berita Lainnya:
Kemenkumham Apresiasi Tren Positif Pembangunan Aceh

“Kami sangat mendukung dan siap berpartisipasi demi kesuksesan membangun SIG di Mukim kami,” ucapnya.

Tahapan program ini dimulai dengan pengumpulan data-data dilapangan. Kegiatan ini akan dilakukan secara bersama-bersama dengan masyarakat secara partisifatif kemudian dilakukan pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak Sistem Informasi geografis (SIG).

Sehingga didapatkan suatu hasil informasi di dalam wilayah Mukim Siem berbasis SIG yang terdiri dari batas wilayah, peta potensi, dan tutupan lahan yang ada didalam wilayah mukim siem. Sistem informasi ini kedepannya dapat digunakan dalam pengelolaan dan manajemen mukim dan gampong-gampong yang ada dalam wilayah Mukim Siem.

“SIG yang dibangun ini kedepannya akan langsung kami aplikasi dalam pengelolaan dan manajemen mukim dan gampong-gampong yang ada dalam Mukim Siem untuk memudahkan kami dalam memantau segala aktivitas yang ada dalam wilayah Mukim kami,“ kata Imum Mukim Siem, Marzuki.[]

ADVERTISEMENTS
x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi