Selasa, 07/05/2024 - 10:43 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

ACEH

KPPN Meulaboh Publikasi Kinerja APBN Empat Kabupaten di Aceh

ADVERTISEMENTS

Meulaboh- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Meulaboh mengadakan Publikasi Kinerja APBN Wilayah Kerja KPPN Meulaboh Periode Triwulan III Tahun Anggaran 2022, Kamisl (20/10/2022). Publikasi kinerja tersebut dilakukan sebagai bagian dari tugas KPPN selaku treasurer dan pengelola fiskal di daerah. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala KPPN Meulaboh, Kurniawan dan dihadiri oleh seluruh Kepala BPKD Pemerintah Daerah dan seluruh Kepala BPS dalam Wilayah Kerja KPPN Meulaboh, serta utusan Universitas Teuku Umar (UTU) mewakili akademisi serta pihak RRI Meulaboh sebagai media publikasi.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

Kepala KPPN Meulaboh dalam paparannya menyampaikan kinerja APBN di wilayah kerja KPPN Meulaboh sampai dengan periode Triwulan III Tahun 2022 yang mencakup Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Jaya dan Simeulue. Kinerja APBN yang disampaikan terkait progres Pendapatan Negara dan Belanja Pemerintah pada 4 Kabupaten tersebut.

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah

Sampai dengan periode 30 September 2022, posisi Pendapatan Negara telah mencapai Rp 1,06 Triliun. Jumlah ini mengalami kenaikan sebesar Rp 698 Milyar (195,72 %) dibandingkan periode yang sama tahun 2021. Kenaikan yang cukup signifikan tersebut disumbang dari Penerimaan Pajak yang cukup tinggi sebesar Rp 654 Milyar dan sisanya dari Penerimaan Bea Cukai dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) masing – masing Rp 40 Milyar dan Rp 4 Milyar.

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
Berita Lainnya:
Kapolda Aceh Apresiasi Upaya Ditlantas Meminimalisir Laka Lantas
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh

Dari sisi belanja, Pagu APBN yang dialokasikan untuk wilayah pembayaran KPPN Meulaboh tahun 2022 adalah Rp2,24 Triliun. Jumlah ini mengalami penurunan sebesar 1,35 % dibandingkan tahun sebelumnya. Alokasi APBN tersebut terdiri dari Belanja Pemerintah Pusat melalui Kementerian/Lembaga (K/L) dan Belanja Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) yang disalurkan ke Rekening Pemerintah Daerah dan Rekening Kas Desa. Sampai dengan periode 30 September, total realisasi belanja APBN telah mencapai Rp1,48 Triliun atau 67,30 %, yang terdiri dari realisasi belanja K/L sebesar 67,30 % atau Rp 0,84 Triliun dan realisasi belanja TKDD sebesar Rp 640,22 Miliar atau sebesar 65,15 %.

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh

Realisasi belanja K/L tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,91 persen (YoY) dibandingkan tahun 202. Meskipun mengalami kenaikan, tingkat realisasi belanja sebetulnya masih dapat ditingkatkan dengan menjalankan disiplin anggaran sesuai dengan Rencana Penarikan Dana (RPD) yang sudah disusun pada Halaman III Dokumen Angaran (DIPA). Untuk Dana TKDD, realisasi Dana Desa sudah mencapai angka Rp 450,53 Miliar atau 72,41 % dan DAK Fisik sebesar Rp122,96 Miliar dari pagu Rp267,05 Miliar atau 46,04 % serta DAK Non Fisik sebesar Rp66,73 Miliar dari Rp94,40 Miliar atau 71,44 %.

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action

Dari tiga sumber dana Transfer Daerah, DAK Fisik realisasinya masih relatif rendah. Kondisi tersebut disebabkan karena beberapa hal antara lain, (1) Keterlambatan dalam proses pengadaan dan tahapan kontrak, (2) Koordinasi yang belum maksimal antar pengelola keuangan, (3) Kompetensi SDM pengelola keuangan terutama yang baru, dan (4) Jumlah aparatur pengawasan (APIP) yang terbatas.

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh
Berita Lainnya:
Terima Kunjungan Penasehat Politik Kedubes Inggris, Pj Gubernur Jamin Aceh Aman

Dalam kesempatan itu, Kepala KPPN Meulaboh menyampaikan beberapa alternatif rekomendasi atas kendala yang dihadapi yaitu : (1) percepatan digitalisasi dan simplifikasi pengelolaan keuangan daerah, (2) peningkatan koordinasi dalam pengelolaan DAK Fisik, seperti memetakan jadwal pelaksanaan kegiatan dan pengadaan yang terukur, (3) mengikuti open class e-learning dari Kementerian Keuangan secara berkala untuk peningkatan SDM Pengelola Keuangan dan (4) kebijakan kepegawaian untuk mengatasi keterbatasan aparat APIP.

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh

Selain kinerja APBN, Kepala KPPN Meulaboh juga menyampaikan kinerja Pembiayaan Ultra Mikro (UMi). UMi merupakan program pemerintah yang menyediakan fasilitas pembiayaan bagi usaha ultra mikro yang belum dapat mengakses program pembiayaan dari perbankan. Pembiayaan tersebut disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dengan plafond maksimal sebesar Rp 20 juta. UMi disalurkan melalui tiga LKBB yaitu Koperasi Mitra Dhuafa (Komida), Pegadaian dan Permodalan Nasional Madani (PMN). Sampai dengan Triwulan III Tahun 2022, jumlah pembiayan Umi yang telah disalurkan pada 4 Kabupaten dalam wilayah kerja KPPN Meulaboh adalah sebesar Rp 9,22 Miliar untuk 2.075 debitur.

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS
1 2

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi