Jumat, 03/05/2024 - 17:27 WIB
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi

TERBARU

NASIONAL
NASIONAL

KPU Hendak Beli Rantis Maung Pindad, Harganya Setengah Miliar Lebih 

ADVERTISEMENTS

Rantis Maung bakal digunakan untuk mendistribusikan logistik Pemilu 2024.

ADVERTISEMENTS
Selamat Memperingati Hardiknas dari Bank Aceh Syariah

 JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana membeli sejumlah kendaraan taktis (rantis) Maung produksi PT Pindad, perusahaan industri militer dalam negeri. Rantis Maung 4×4 itu bakal digunakan untuk mendistribusikan logistik Pemilu 2024 di daerah-daerah terpencil. 

ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat dan Sukses atas Pelantikan Reza Saputra sebagai Kepala BPKA
ADVERTISEMENTS
Ucapan Selamat Memperingati Hari Kartini dari Bank Aceh Syariah


Komisioner KPU RI Parsadaan Harahap mengatakan, pihaknya berencana membeli mobil Maung Pindad yang memang diperuntukkan bagi sipil, bukan jenis tempur. “Spesifikasinya 4×4 sehingga bisa melewati jalan dengan geografis sulit ditempuh mobil biasa saat mendistribusikan logistik,” Parsadaan ketika dihubungi Republika, Senin (24/10). 

ADVERTISEMENTS
Manyambut Kemenangan Idul Fitri 1445 H dari Bank Aceh Syariah
ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Zakaria A Rahman dari Bank Aceh


Rencana pembelian Maung Pindad ini, kata dia, berkaca dari pengalaman pendistribusian logistik saat Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 lalu. Ketika itu, terdapat sejumlah daerah yang sulit dijangkau oleh kendaraan biasa. 

ADVERTISEMENTS
Selamart Hari Buruh
Berita Lainnya:
Prabowo dan Menhan Jepang Bahas Pertukaran Kadet dan Indo-Pasifik


“Rencana pembelian ini tidak untuk semua daerah, tapi hanya untuk daerah-daerah uang sulit terjangkau,” kata Wakil Koordinator Divisi Perencanaan, Keuangan, Umum, Rumah Tangga, dan Logistik KPU RI itu. Parsadaan tak menjawab ketika ditanya berapa jumlah Maung yang akan dibeli. 

ADVERTISEMENTS
Top Up Pengcardmu Dimanapun dan Kapanpun mudah dengan Aplikasi Action


Dia hanya mengatakan, KPU RI memutuskan untuk memilih Maung Pindad karena merupakan produk buatan dalam negeri. Selain itu, tingkat komponen dalam negeri (TKSN) pada rantis tersebut mencapai 80 persen. 

ADVERTISEMENTS
PDAM Tirta Bengi Bener Meriah Aplikasi Action Bank Aceh


Kendati sudah memilih Maung Pindad, Parsadaan, menegaskan, bahwa rencana pembelian ini baru sebatas kajian. “Belum ada keputusan untuk membeli Maung Pindad untuk daerah-daerah tersebut,” katanya. 

ADVETISEMENTS
Ucapan Belasungkawa Thantawi Ishak mantan Komisaris Utama Bank Aceh
Berita Lainnya:
Pakar Hukum Puji Kemampuan Penyidik Kejagung Telusuri Aset Korupsi


Komisioner KPU Yulianto Sudrajat mengatakan, jika kajian untuk pembelian Maung Pindad ini disetujui, maka pengadaannya akan masuk ke dalam anggaran belanja tahun 2023. Sebagai informasi, satu unit Maung Pindad tipe sipil dibanderol dengan harga Rp 600 juta hingga Rp 700 juta. 


Meski pembelian Maung Pindad ini masih wacana, tapi Ketua KPU Hasyim Asy’ari tampak sudah menggunakan rantis berwarna hijau ala militer itu. Dalam sebuah video di akun Instagram resmi KPU, terlihat Hasyim turun dari Maung berpelat nomor merah ‘B 2 KPU’ itu saat menghadiri sebuah acara di Bogor, Jawa Barat, pada akhir September lalu.

Sumber: Republika

ADVERTISEMENTS

x
ADVERTISEMENTS

Reaksi & Komentar

Berita Lainnya

Tampilkan Lainnya Loading...Tidak ditemukan berita/artikel lainnya.
IndonesianArabicEnglishRussianGermanFrenchChinese (Simplified)JapaneseMalayHindi